in

Buka Muktamar, Presiden Jokowi Sebut Muhammadiyah Gerakkan Ratusan Faskes Tangani Covid-19

Presiden RI Joko Widodo dalam pembukaan Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022). (Foto : muhammadiyah.or.id)

 

HALO SURAKARTA – Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan penghargaan dan terima kasih kepada keluarga besar Muhammadiyah ‘Aisyiyah, yang telah berperan untuk ikut menangani wabah Covid-19.

Hal itu diungkapkan Presiden RI Joko Widodo, ketika membuka gelaran Pembukaan Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022).

“Forum yang sangat terhormat ini, pertama saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan keluarga besar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, dalam membantu penanganan pandemi Covid 19 di 3 tahun terakhir,” kata Jokowi, seperti dirilis muhammadiyah.or.id.

Presiden juga menyebut, Muhammadiyah telah menggerakkan lebih dari 120 rumah sakit dan 235 klinik kesehatan milik Muhammadiyah, yang aktif dalam mengedukasi masyarakat serta dalam pengobatan dan vaksinasi selama pandemi.

Berkat peran serta semua pihak, termasuk Muhammadiyah, Indonesia mampu menjadi salah satu negara yang berhasil mengendalikan wabah Covid-19.

“Alhamdulillah Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid 19. Kita juga termasuk negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia karena kita telah menyuntikkan lebih dari 440 juta dosis vaksin pada masyarakat,” ungkapnya.

Keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi ini telah menjadi fondasi penting dalam pemulihan ekonomi nasional.

Menghadapi kompetisi global yang meningkat maka fokus pada peningkatan kualitas SDM dan penguasaan IPTEK menjadi perhatian Presiden.

Untuk itu, Presiden berharap lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah diharapkan memiliki peran sentral untuk terus menyebarkan Islam yang berkemajuan, penuh nilai toleransi, menjaga persatuan, menjaga persaudaraan dan perdamaian, sesuai dengan ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.

“Saya mengharapkan bantuan bapak ibu semuanya, selain habluminallah juga habluminannas juga perlu diperkuat habluminalalam yang menekankan pentingnya pelestarian alam dan juga pelestarian lingkungan,” tutur Presiden.

Melalui kerja bersama, Presiden meyakini Indonesia akan mampu tumbuh maju di tengah gambaran dunia yang suram.

“ Dengan dukungan keluarga besar Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Indonesia bisa menjadi titik terang di tengah dunia yang muram, Indonesia laksana sang surya yang menerangi dunia. Semoga Allah Swt meridhoi bangsa Indonesia. Selamat bermuktamar,” kata dia. (HS-08)

Dinkes Blora Ingatkan Warga Tetap Taat Protokol Kesehatan

Ganjar Apresiasi Muhammadiyah dan Aisyiyah Dalam Muktamar ke-48