Buka Halaqah Kemasjidan di Moga, Wabup Pemalang : Masjid Juga Tempat Pembinaan dan Pusat Kegiatan

Pembukaan acara Halaqah Kemasjidan, dalam rangka masjid sadar sehat berpartisipasi aktif, mengatasi pandemi Covid-19, yang diselenggarakan oleh Lembaga Takmir Masjid NU di Gedung Yayasan Nurul Maiya Indonesia Banyumudal Moga. (Foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Masjid bukan hanya tempat ibadah, melainkan juga bisa menjadi tempat pembinaan dan pusat kegiatan bagi umat Islam.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, ketika membuka acara Halaqah Kemasjidan, yang diselenggarakan oleh Lembaga Takmir Masjid (LTM) NU di Gedung YNMI (Yayasan Nurul Maiya Indonesia) Banyumudal Moga, Sabtu (10/4).

Saat membuka kegiatan tersebut, Mansur menyebutkan ada tiga hal agar masjid memiliki peran dan fungsinya. Yang pertama peran masjid sebagai ma’had (sebagai tempat ibadah), yang kedua peran masjid sebagai madrasah (tempat pembinaan), dan yang ke tiga sebagai central of activity (pusat kekegiatan sosial kemasyarakatan).

Kegiatan Holaqoh kemasjidan dengan tema “Masjid Sadar Sehat Berpartisipasi Aktif Bengatasi Pandemi Covid-19” ini, sebagai bentuk pertanggungjawaban lembaga takmir masjid NU, kepada masyarakat yang tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Semoga pandemi ditengah kita ini cepat berakhir,” kata Mansur, Pemalangkab.go.id.

Mengingat fungsi Masjid yang begitu strategis. Mansur dalam kesempatan itu, berpesan kepada segenap tak’mir Masjid atau segenap masyarakat, untuk bersama-sama memajukan dan meramaikan Masjid, dengan kegiatannya-kegiatan, yang bagi kekemaslahatan umat. Jangan jadikan masjid sebagai penyebaran paham-paham dan pemikiran radikal.

Hal ini menurut Mansur, merupakan langka positif yang harus ditingkatkan baik kuantitas atau kualitas. Terlebih lagi Pemerintah Kabupaten Pemalang sedang berupaya untuk mewujudkan visi “terwujudnya Pemalang Aman (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni).

Yang tentu saja membutuhkan peran aktif dari segenap komponen masyarakat.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota Forkopimcam dan sejumlah pengurus Masjid Moga.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian bantuan Hibah LTMNU untuk Masjid Baitur Rohman. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.