in

Buka Festival Jerami Banjarejo III, Bupati Ajak Masyarakat Kunjungi Wisata Lokal

Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyaksikan Festival Jerami Banjarejo III, di desa Banjarejo Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. (Foto : Grobogan.go.id)

 

HALO GROBOGAN – Setelah 2 tahun tidak digelar akibat pandemi Covid-19, Festival Jerami Banjarejo III di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, tahun ini kembali digelar.

Festival yang dimulai 30 September 2022 ini, direncanakan akan akan berlangsung hingga 9 Oktober 2022.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni pun mengajak warganya berbondong-bondong mengunjungi dan meramaikan gelaran festival ini.

Dia berharap, Festival Jerami Banjarejo mampu menggerakan roda ekonomi masyarakat, sehingga mampu memberikan efek domino bagi perekonomian masyarakat sekitar, di mana imbasnya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat Kabupaten Grobogan saya himbau untuk berkunjung di Destinasi Wisata lokal Kabupaten Grobogan dahulu. Hal ini diharapkan akan memberikan efek domino, dalam rangka menjadi penggerak roda ekonomi bagi masyarakat sehingga perekonomian sekitar dapat tumbuh dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati, seperti dirilis grobogan.go.id.

Pada kesempatan itu, Bupati Sri Sumarni juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada segenap masyarakat Desa Banjarejo.

Menurutnya, sebagai Desa Wisata, Banjarejo selain memiliki ciri khas sebagai Desa Fosil, juga memiliki nilai lebih, yakni secara rutin menggelar event budaya yang dikemas dengan nama Festival Jerami Banjarejo.

“Nama Banjarejo juga telah mengangkat nama Grobogan. Lebih-lebih dengan event tahunan, yang dikemas dengan nama Festival Jerami Banjarejo,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarejo, Ahmad Taufik menjelaskan, konsep FJB tahun 2022 berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Kali ini mengambil tema peradaban nusantara dari beberapa masa kehidupan.

”Temanya Nusantara. Maka, kami menghadirkan patung dari pra sejarah, zaman purba, masa penjajahan, hingga masa kerajaan nusantara,” kata Ahmad Taufik.

Festival Jerami Banjarejo adalah sebuah festival, di mana kegiatan itu menjadikan jerami dari hasil petani desa setempat untuk dikelola menjadi karya seni bernilai tinggi.

Seperti pembuatan replika dan patung fosil, karakter dewa-dewi, karakter hewan, kendaraan, dan aneka bentuk lainya.

Selain menyuguhkan aneka karya seni berbahan baku jerami, Festival Jerami Banjarejo juga menyuguhkan sejumlah hiburan, pertunjukkan seni musik, parade reog, barongan, angklung, barangsai, dan sebagainya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Grobogan dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes, jajaran Forkopimda Kabupaten Grobogan, Anggota DPR RI Evita Nursanti, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Padmasari Mestikajati, Kepala Disporabudpar Kabupaten Grobogan, dan tamu undangan lainnya. (HS-08)

Petilasan Bubakan, Diyakini Sebagai Makam Ki Ageng Pandanaran

Pemkab Purbalingga Siap Tingkatkan Kualitas Desa Wisata