Budidayakan 130 tanaman obat, Wakil ketua PKK Pati Apresiasi Kampung Jamu

Wakil ketua PKK Kabupaten Pati, Ida Musanti ketika mengunjungi dan memberikan sosialisasi di Kampung Jamu Desa Kutoharjo, di Bank Sampah Desa Kutoharjo Kecamatan Pati. (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Upaya warga Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati untuk mengembangkan Kampung Jamu, mendapat apresisasi  Wakil ketua PKK Kabupaten Pati, Ida Musanti.

Menurut Ida, warga di desa ini dapat mengolah lebih dari 130 tanaman obat, menjadi jamu dan hand sanitizer berbahan dasar daun sirih.

Hasilnya selain bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh pada masa pandemi Covid-19, juga dapat dipasarkan ke daerah-daerah lain. Dengan demikian menambah kesejahteraan warga.

Apresiasi tersebut disampaikannya ketika meninjau dan melakukan sosialisasi di Kampung Jamu Desa Kutoharjo, di Bank Sampah Desa Kutoharjo Kecamatan Pati. Sosialisasi juga dilakukan bersama jajaran dan para kader Kampung Jamu Desa Kutoharjo.

“Di masa pandemi sekarang ini, hal-hal semacam ini sangat bermanfaat karena warga bisa mengolah tanaman yang ada di Kampung Jamu ini,” kata Ida.

Ida menyebutkan bahwa terdapat sekitar 130-an jenis tanaman obat yang ada di kampung tersebut.

Di samping itu, Ida juga turut menjelaskan kiprah PKK Kabupaten Pati yang terus menerus menyosialisasikan perihal protokol kesehatan.

“Prokes dengan cara 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun), serta tidak lupa berperilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan imun,” kata Ida.(HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.