in

Buayan Juara Lomba Kadarkum di Kebumen

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto memberikan sambutan dalam final lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) di Pendopo Kabumian, Rabu (9/11/2022). (Foto : kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten Kebumen menggelar final lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) di Pendopo Kabumian,  Rabu (9/11/2022).

Lomba yang diikuti oleh perwakilan anggota TP PKK dari 6 kecamatan di Kebumen itu, dihadiri Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto; Ketua TP PKK Kebumen, Iin Windarti Arif Sugiyanto; sejumlah pimpinan OPD, dan para juri.

Bupati menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya acara tersebut.

“Kegiatan ini tentu saja bisa menambah wawasan para ibu-ibu PKK dalam bidang hukum. Jadi sekaligus menghilangkan stigma kalau ibu-ibu PKK bisanya cuman kumpul-kumpul arisan, masak dan lain-lain. Padahal nggak, ibu-ibu di kampung ini juga punya wawasan kebangsaan yang luas, dan berkemajuan,” kata Bupati, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada para peserta dari Kecamatan Buayan, yang tampil menjadi juara, demikian juga kepada peserta dari kecamatan lain.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, kalian sudah memberikan terbaik dengan hasil maksimal, pesan saya satu, jangan pernah berhenti belajar,” terangnya.

Sementara itu, Ira Puspitasari selaku Dewan Juri dari Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, mengatakan lomba Kadarkum rutin diadakan setiap tahun.

Namun pada 2000 dan 2021 lalu kegiatan tersebut tak dapat diselenggarakan, karena ada berbagai pembatasan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Yang mengikuti lomba tahun ini sama ada 26 kecamatan, namun setelah masuk tahap penyisihan, yang lolos ke tahap final ada enam kecamatan, yakni Buayan, Alian, Mirit, Bonorowo, Klirong, dan Petanahan,” kata Ira.

Masing-masing regu terdiri atas lima orang. Adapun materi yang dilombakan, menyangkut tentang UU Terorisme, Narkotika, materi hukum tentang kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Materi-materi ini selalu ada dalam setiap lomba Kadarkum di berbagai tingkatan, baik kabupaten sampai tingkat nasional.

“Alhamdulillah kita pernah juara 1 dan juara 3 tingkat nasional. Harapannya dari sini nanti muncul peserta yang bisa menjadi perwakilan untuk maju dalam lomba Kadarkum tingkat nasional, dan kembali menjadi juara 1,” terangnya.

Adapun hasil penilaian lomba Kadarkum tingkat kabupaten kali ini, adalah Juara diraih oleh TP PKK Buayan, diikuti oleh Mirit di tempat kedua, dan Alian di tempat ketiga.

Selain ketiganya, Petanahan masuk urutan empat, diikuti Bonorowo di posisi kelima, dan Klirong di posisi keenam. Mereka mendapat piala, piagam dan uang pembinaan. (HS-08)

Ribuan Orang Meriahkan Kirab Budaya Ruwat Bumi Parakan

Rumah Kebangsaan Cipayung Plus, Ganjar: Ini Adalah Ruang Diskusi Paling Moderat