in

BPS: Pendataan Potensi Desa di Kendal Telah Selesai

Kepala BPS Kendal, Ade Sandi Prawoto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/6/2024).

HALO KENDAL – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal telah selesai melaksanakan pendataan Potensi Desa (Podes) 2024. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal, Ade Sandi Prawoto saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (11/6/2024).

“Podes ini sudah dilaksanakan mulai tanggal 2 Mei hingga 31 Mei 2024. Dan sekarang masih berproses pada pencermatan anomali,” ujarnya.

Ade membeberkan, total sebanyak 41 petugas lapangan dan 14 supervisor dilibatkan dalam pelaksanaan pendataan Pondes 2024. Dari jumlah tersebut setiap petugas berkewajiban mendata lima sampai sembilan desa.

“Total ada 55 petugas di lapangan yang kami libatkan. Jadi 41 pendata atau enumerator yang door to door dan 14 itu supervisornya. Satu orang petugas mendata lima sampai sembilan desa,” bebernya.

Ade menjelaskan, Podes 2024 merupakan survey potensi desa yang dilakukan oleh BPS dan satu-satunya survey BPS yang berbasis kewilayahan. Pada Podes tersebut ada tiga kegiatan yakni, pendataan Podes level desa, level kecamatan, dan level kabupaten.

“Tujuannnya untuk menggali informasi yang ada di desa di antaranya geografis, pemerintahan, ekonomi dan pendidikan. Semua potensi yang ada di level desa kami data, sehingga potensi itu nanti bisa menghasilkan indikator-indikator strategis terkait kewilayahan desa,” jelasnya.

“Alhamdulillah Pondes di 20 kecamatan, dengan 266 desa dan 20 kelurahan di Kendal telah selesai dilaksanakan. Nantinya indikator tersebut akan digunakan oleh pemerintah pusat, dalam mengeluarkan kebijakan berbagai program kegiatan yang sifatnya berbasis kewilayahan,” imbuh Ade.(HS)

Kasus Dugaan Tukar Menukar Tanah Kas Desa Botomulyo, Kajari Kendal: Tidak Menutup Kemungkinan Ada Tersangka Lain

Lagi, Minimarket di Kendal Dibobol Maling