in

BPS Kota Pekalongan Finishing Data Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

Petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan merapikan data kependudukan yang diperoleh dari para petugas Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. (Foto : pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan, saat ini sudah dalam tahap merapikan data kependudukan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Lanjutan. Data tersebut dihimpun 141 petugas sensus, pada Mei-Juni 2022 lalu.

“Sejak 1-22 Juli ini kami masih tahap finishing atau merapikan data. Dari data 7.744 responden, ada sekitar 600 data yang kami perbaiki dan kroscek kembali,” kata Kepala BPS Kota Pekalongan, Rahyudin, Rabu (20/7/2022), seperti dirilis pekalongankota.go.id.

Dijelaskan Rahyudin, rangkaian kegiatan SP2020 Lanjutan, diawali dengan perekrutan petugas, kemudian kegiatan pelatihan.

Pada pertengahan Mei sampai 31 Mei, petugas ke melakukan pemutakhiran data.

“Selama bulan Juli, petugas ke lapangan kembali untuk mendatangi responden, dengan dibekali pertanyaan sebanyak 80 variabel. Pertanyaan yang dilayangkan beragam, mulai dari nama jenis kelamin dan data diri lainnya,” kata Rahyudin.

Disebutkan dari hasil SP2020 Lanjutan ini, akan diperoleh data karakteristik penduduk, mobilitas, perumahan, pendidikan dan komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, fertilitas, dan mortalitas.

“Sampel yang digunakan yakni 65 % dari jumlah penduduk Kota Pekalongan. Kami data seakurat mungkin, agar menghasilkan data yang berkualitas,” kata Rahyudin.

Terkait dengan finishing data, metode yang digunakan tak seperti dulu.

Sekarang entry data langsung menggunakan smartphone, jadi finishing ini untuk merapikan data yang salah, misal sebetulnya usia 15 tahun tertulis 5 tahun. Yang harusnya tamat SD tapi berbeda.

“Hal-hal seperti itu yang diperbaiki dan dikroscek ke lapangan kembali,” kata Rahyudin.

Rahyudin menyampaikan terima kasih, kepada masyarakat Kota Pekalongan, yang sudah sadar data dengan menyampaikan informasi akurat. Selain itu juga kerja sama dari pihak RT RW dan kelurahan yang membantu proses di lapangan. (HS-08)

Kendalikan Penularan DBD, Dinkes Kota Pekalongan Lakukan Fogging Fokus

Pasar Murah Harkopnas, Dekopinda dan Pemkot Pekalongan Sediakan 410 Paket Sembako