BPS: Infrastruktur Bagus dan Banyak Event Internasional, Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Semarang Meningkat

Kepala BPS Kota Semarang, Erisman memberikan penjelasan terkait perkembangan inflasi dan pariwisata di Kota Semarang, Senin (3/2/2020).

 

 

HALO SEMARANG – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Kota Semarang melalui Bandara Ahmad Yani Semarang tercatat di Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang pada Desember 2019 mengalami peningkatan sebanyak 2.627 kunjungan. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 13,23 persen dibandingkan bulan November 2019 yang tercatat sebanyak 2.320 kunjungan.

Kepala BPS Kota Semarang, Erisman mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan mancabegara ke Kota Semarang melalui Bandara Ahmad Yani, karena adanya sarana penunjang infrastruktur yang makin baik. Apalagi, banyak event-event internasional yang digelar Pemkot Semarang dan mampu menarik para pengunjung.

- Advertisement -

“Selain itu, destinasi pariwisata yang dikembangkan juga makin tertata dan bersih. Data ini, hanya dimasukkan dari Bandara Ahmad Yani, tidak dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui pelabuhan seperti kapal pesiar,” katanya.

Sedangkan asal wisatawan terbanyak dari warga Malaysia (891 kunjungan), Singapura (404 kunjungan), dan China (138 kunjungan). Disusul dari negara lainnya, di antaranya Amerika Serikat, India, Australia, Inggris, Prancis. “Dibandingkan pada Desember 2018, kunjungan wisman hanya sebanyak 1930 kunjungan,” imbuhnya.

Sedangkan untuk tingkat hunian kamar hotel tertinggi, lanjut Erisman, khususnya di hotel bintang 3, yaitu sebesar 55,40 persen dan dan terendah pada hotel bintang 5 sebesar 42,77 persen.  Data ini diambil dari 87 hotel di Kota Semarang.

“Adapun rata lama tamu menginap tertinggi di hotel bintang 3. Yaitu selama 1,2 malam. Dan terendah di hotel bintang 1 dengan lama menginap 1,17 malam,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.