in

BPJS Salurkan Bantuan Ke Nelayan Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat penyerahan santunan kematian dan bantuan sarpras pendukung kepada nelayan Kelurahan Bandengan, Selasa (15/6/2021).

 

HALO KENDAL – Bantuan Santunan Kematian program BPJS Ketengakerjaan bagi nelayan, dan bantuan Sarana Prasarana Pendukung Bagi Nelayan atau Pembudi Daya Ikan disalurkan di Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, Selasa (15/6/2021).

Acara penyerahan oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto didampingi Sekda Kendal Moh Toha, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, Drh Hudi Sambodo dan Kepala BPJS Ketengakerjaan Cabang Kendal, Suriyadi.

Bupati Kendal dalam sambutannya mengatakan, bantuan ini merupakan kepedulian pemerintah kepada para nelayan di Kabupaten Kendal.

“Ini adalah wujud nyata keberpihakan dan kepedulian pemerintah, serta semua pihak dalam meningkatkan kualitas para nelayan. Tujuannya, agar dapat meningkatkan produktifitas kualitas hasil tangkap ikan, maupun budi daya ikan yang lebih baik,” kata Dico.

Bupati Kendal juga berharap, dengan bantuan ini, dapat bermanfaat dan memotivasi para nelayan dan kelompok pembudi daya ikan, untuk lebih meningkatkan kinerja dalam mengelola perikanan yang lebih baik.

“Sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktifitas perikanan yang lebih tinggi, dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan dan Pokdakan,” ungkapnya.

Adapun bantuan Jaminan Kematian BP Jamsostek, secara simbolis diserahkan oleh Bupati dan diberikan kepada kepada empat orang nelayan, yaitu kepada Supadi, Musyayaroh, Sireng Tarsanah, dan Sri Supriati. Masing-masing menerima Rp 42 juta.

Sedangkan untuk bantuan hibah kepada nelayan, bantuan diserahkan kepada masyarakat (Kelompok Usaha Bersama/KUB).

Di antaranya kepada KUB Bolo Samodro mendapatkan bantuan tiga unit mesin kapal, dan KUB Rukun Makmur Mandiri mendapat bantuan 600 unit Alat Penangkap Ikan Ramah Lingkungan (Bubu Lipat).

Selanjutnya, Bupati Kendal juga menyerahkan bantuan Paket Budi Daya Bandeng berupa benih bandeng, pakan, pompa air, dan pupuk.

Selain itu juga bantuan persiapan lahan, kepada Pokdakan Beran Windusari, Pokdakan Bina Utama, dan Pokdakan Mbiru Jaya, masing-masing senilai Rp 177.375.000.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan pembayaran Klaim Asuransi Perikanan bagi 51 orang Pembudi Daya Ikan Kecil se-Kabupaten Kendal sebesar Rp 197.500.000.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendal, Suriyadi mengatakan, dengan iuran Rp 16.800 per bulan, nelayan maupun pekerjaan lainnya sudah dapat terlindungi dalam program jaminan kecalakaan kerja dan jaminan kematian.

“Diharapakan dengan pemberian santunan kematian tersebut, masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dalam melakukan aktivitas pekerjanan,” terang Suriyadi.

Salah satu penerima manfaat, Sumiyati, ahli waris dari Almarhum Supadi mengaku sangat terbantu.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal dan pihak BPJS Ketenagakerjaan, karena proses pengajuan klaimnya mudah dan cepat. Padahal kami baru sebulan menjadi peserta BPJS,” ungkapnya.(HS)

Share This

Kapolda Jateng Perintahkan Seluruh Pejabat Polda Untuk Turun Tangani Covid Di Kudus

Angka Covid Meningkat, Ketersediaan Ruang Isolasi Di Rumah Sakit Semarang Nyaris Penuh