BPD Pedak Diminta Dengar Aspirasi Warga

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang, Imam Maskur, Sabtu (10/10) ketika melantik tujuh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pedak, Kecamatan Sulang, di kantor Desa setempat, Sabtu (10/10/). (Foto : rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), seperti lembaga legislatif di tingkat desa. Karena itu para anggotanya diminta menyerap aspirasi warga dan tidak bertindak seperti provokator.

Pesan tersebut disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang, Imam Maskur, ketika melantik tujuh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pedak, Kecamatan Sulang, di kantor Desa setempat, Sabtu (10/10/).

BPD jangan sampai tidak mendengarkan apa keluhan warga. “Keluhan masyarakat apa, aspirasi masyarakat apa, sampaikan ke pemerintah desa. Jenengan kalau di Kabupaten Rembang itu sebagai legislatifnya. Misalnya di RW 1 butuh paving, karena jik tidak di paving banjir, biar nanti di dalam penyusunan Perdes tentang APBDes di tahun berikutnya ada masukan kaitan keinginan masyarakat di RW tersebut, ” kata Imam seperti dirilis rembangkab.go.id.

Selain menyerap aspirasi, BPD juga berfungsi untuk mengawasi kinerja Kepala Desa. Jika ada kekurangan atas kinerja Kades, BPD bisa menyampaikan ke Pemerintah Desa dan bersama-sama mencari solusi. Persoalan-persoalan semacam itu jangan disebar ke masyarakat, karena justru akan membuat resah.

BPD juga bertugas membuat Peraturan Desa bersama Pemerintah Desa.

Ketua BPD terpilih, Maslichan mengaku siap melaksanakan arahan Pjs Bupati. Dia bersama enam anggota BPD lainnya, siap menjalankan program periode sebelumnya, yakni hadir dalam rapat tiap RT.

“Jadi untuk menyerap setiap bulan BPD kita anjurkan untuk selalu bertemu masyrakat terutama di rapat – rapat RT. Karena biasanya di rapat RT , masyarakat memberikan banyak masukan, apa yang diinginkan , ke depannya ingin bagaimana, ” tuturnya.

Usulan- usulan yang ada menurutnya kemudian dibawa ke rapat tingkat BPD dan dipilih skala prioritas. Dan pada sebelum pelaksanaan Musyawarah Desa, usulan prioritas disampaikan ke Pemerintah Desa , sehingga saat Musdes usulan dari masyarakat sudah masuk. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.