in

Boyolali Siapkan Vaksinasi Tahap III

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Boyolali. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, saat ini sedang mempersiapkan untuk program vaksinasi Covid-19 tahap III, dengan sasaran masyarakat umum. Mereka akan dilayani di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes).

“Segala persiapan sudah kami laksanakan melalui faskes, maupun vaksin yang kita tetapkan di Kabupaten Boyolali,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali Ratri S Survivalina, seperti diirlis Boyolali.go.id.

Dia menjelaskan bahwa program vaksinasi di Boyolali, juga berjalan seperti daerah lain. Untuk saat ini, vaksinasi yang sudah mencapai hampir 100 persen adalah vaksinasi tahap I dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes).

Adapun untuk vaksinasi tahap II, dengan sasaran pelayanan publik, sudah mencapai 40 persen dan untuk lansia 17 persen. Karena itu pihaknya, masih memprioritaskan untuk kelompok ini.

Dia juga menyebutkan, bahwa di Boyolali saat ini terdapat 47 faskes yang siap memberikan layanan vaksinasi Covid-19 dengan program pemerintah. Adapun faskes tersebut, di antaranya ada 25 puskesmas, delapan rumah sakit dan 18 klinik swasta.

“Masyarakat jika membutuhkan, bisa berkomunikasi dengan faskes mampu vaksin terdekat, baik yang berupa rumah sakit, klinik, maupun juga puskesmas. Bisa mendaftarkan di situ, sehingga dengan pendaftaran tersebut nanti akan dijadwalkan,” imbuh Lina.

Disinggung mengenai lansia mengingat kelompok ini merupakan masyarakat yang paling beresiko tinggi untuk terjadinya kematian karena Covid-19. Untuk itu pihaknya menerapkan program vaksinasi By One Get Two dimana satu orang non-lansia bisa mendapatkan vaksin dengan membawa dua orang lansia.

Mengenai ketersediaan vaksin, Lina mengatakan saat ini pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi belum bisa mengadakan pengadaan vaksin secara mandiri. Vaksin yang diberikan kepada masyarakat, masih berdasarkan alokasi dari Kementerian Kesehatan. Sehingga yang didistribusikan kepada masyarakat tergantung jatah yang diberikan.

Untuk saat ini, Kabupaten Boyolali sudah mendapatkan kurang lebih 200.000 dosis dan sudah didistribusikan semuanya. Namun masih ada permasalahan terkait kebutuhan dan jumlah vaksin yang ada.

“Karena kita mengandalkan dropping atau alokasi dari pusat, sehingga memang kalau melihat sasaran di Boyolali maka jumlah yang ada ini stoknya memang masih kurang. Sehingga segala sesuatu untuk pelaksanaan, dilaksanakan secara bertahap sesuai ketersediaan vaksin yang ada,” ungkapnya.

Namun, Lina mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena pemerintah pusat telah menjamin ketersediaan vaksin sampai dengan akhir tahun. Sehingga secara bertahap seluruh lapisan masyarakat akan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hanya memang waktunya harus bertahap dan tidak bisa semuanya sekaligus karena terkendala ketersediaan vaksin.

“Kami mohon masyarakat untuk tetap berpartisipasi aktif, ikut mendaftar, ikut mensukseskan, program vaksinasi Covid-19 di Boyolali, sekaligus juga bersabar karena memang semuanya itu harus menunggu sesuai dengan jatah vaksin yang diberikan kepada kabupaten dan kota,” tandasnya. (HS-08)

Share This

Petugas Gabungan di Sukoharjo Genjarkan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Depresi, Anak Bunuh Bapak Kandung di Sukorejo