in

BNPT dan Pemkot Solo Vaksinasi Mantan Napi Teroris

Kepala BNPT, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, meninjau vaksinasi kepada mitra deradikalisasi, penyintas, dan masyarakat sekitar, di RSUD Bung Karno Kota Surakarta, Sabtu (28/8). (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Para mitra binaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), termasuk mantan napi teroris dan penyintas, diminta membantu pemerintah untuk memberikan informasi sebenarnya tentang vaksin, agar masyarakat tidak terpengaruh hoaks.

Permintaan itu disampaikan Kepala BNPT, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH, ketika meninjau vaksinasi kepada mitra deradikalisasi, penyintas, dan masyarakat sekitar, di RSUD Bung Karno Kota Surakarta, Sabtu (28/8).

Lebih lanjut Boy Rafli juga mengajak para mitra binaan BNPT, untuk mendukung program nasional pemerintah, yakni meningkatkan herd immunity, untuk mengurangi angka kasus Covid-19.

“Kita berharap mitra binaan BNPT, eks napiter dan penyintas untuk membantu meluruskan segala miss Informasi, berkaitan dengan masalah vaksin, karena ada pihak-pihak yang mencoba memberikan berita tidak benar tentang vaksin,” tutur Boy Rafli.

Dalam peninjauan bersama sejumlah pejabat BNPT dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka tersebut, Boy Rafli menjelaskan untuk kegiatan vaksinasi massal tersebut disediakan 150 dosis. Adapun penerimanya adalah 25 mitra deradikalisasi, 6 penyintas, pelajar, dan masyarakat sekitar Solo raya.

Sebelumnya, BNPT telah menyelenggarakan vaksinasi gratis di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, termasuk di antaranya Karanganyar, Lamongan, dan Malang.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian BNPT kepada mitra deradikalisasi dan penyintas, sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang-Undang.

Selain vaksinasi, kegiatan ini sekaligus untuk memberikan bantuan sosial kepada penyintas dan mitra deradikalisasi. Kepala BNPT dan Wali Kota Surakarta,  juga berkesempatan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba nasionalisme dalam rangka HUT Ke-76 RI dan HUT Ke-2 RSUD Bung Karno.

Lebih lanjut Boy mengatakan berdasarkan arahan Presiden, Joko Widodo, dari 270 juta masyarakat Indonesia, ditargetkan 70% sudah di vaksin.

Gerakan ini menjadi langkah nyata BNPT, untuk ikut mendukung dengan tentunya mengundang secara khusus mitra-mitra di daerah-daerah di Indonesia, yang sebelumnya juga telah terlaksana di Tentena, Poso, Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan capaian vaksinasi di Kota Surakarta telah mencapai 87%.

Dengan kegiatan ini, mewakili Pemkot Solo, dia mengungkapkan terima kasih atas kehadiran BNPT, terutama dalam upaya pencegahan dan pembinaan bagi mitra deradikalisasi, dan penyintas yang ada di Surakarta.

“Terima kasih Kepala BNPT telah berkenan hadir ke RSUD Bung Karno hari ini ada vaksinasi bagi para napiter aksi terorisme, anak sekolah, dan korban aksi terorisme, kita masih kejar terus kegiatan vaksinasi, dan pengetatan PPKM level 4,” kata Wali Kota Surakarta.  (HS-08)

Share This

Belasan Ribu Pelajar di Jabar dan Banten Divaksin

Harga Cabai Merosot, PNS Rembang Borong Lebih Mahal