in

BNPB Gelar Latihan Evakuasi Mandiri di Cepu

Personel BPBD Blora melaksanakan praktik evakuasi, dalam latihan evakuasi mandiri bencana banjir akibat luapan Bengawan Solo, di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Selasa (16/5/2023). (Foto : blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Ratusan warga di Desa Sumberpitu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Selasa (16/5/2023) mengikuti latihan evakuasi mandiri yang diselenggarakan Badan Nasional Penananggulangan Bencana (BNPB), dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2023 tingkat nasional.

Direktur Pemulihan Sosial Ekonomi Dan Sumber Daya Alam BNPB, Eni Supartini mengatakan Cepu dipilih sebagai lokasi latihan dan simulasi, karena merupakan salah satu daerah yang merupakan hilir Bengawan Solo.

Dalam latihan tersebut, berbagai unsur pertolongan dan warga tak hanya mengevakuasi manusia, melainkan juga hewan ternak.

“Ada beberapa titik yang digunakan untuk latihan evakuasi, baik evakuasi orang, hewan ternak. Di dalamnya juga ada orang disabilitas yang dilakukan penanganan khusus,” kata Eni Supartini, Selasa (16/5/2023), seperti dirilis blorakab.go.id.

Eni Supartini menuturkan, dalam latihan tersebut, dibuat skenario seolah-olah Bengawan Solo kembali banjir.

Diawali dengan informasi dari Balai Wilayah Sungai dan Air (BWSDA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, menginformasikan bahwa telah terjadi kenaikan permukaan air sungai Bengawan Solo.

Kentongan dan sirine ambulans pun dibunyikan, sebagai tanda bahwa warga harus segera mengungsi.

“Dengan latihan ini diharapkan masyarakat punya kepekaan terhadap peringatan dini, yang kedua jalur evakuasinya mereka tahu,” terang Eni Supartini.

“Yang ketiga dia memahami siapa koordinator lapangannya, sehingga mereka tahu bagaimana mekanisme didalam kedaruratan,” imbuh Eni Supartini.

Dia mengatakan latihan ini melibatkan ratusan warga desa setempat, tokoh masyarakat, relawan, BPBD, TNI- Polri, Forkompincam Cepu.

Dalam latihan tersebut, hadir pula anggota Komisi VIII DPR RI, Sri Wulan dan Asisten 1 bidang Pemerintahan Irfan Agustian Iswandaru, mewakili Bupati Blora H Arief Rohman, Kalak BPBD Blora Sri Widjanarsih.

Dalam kegiatan peringatan HKB 2023 ini, juga di gelar giat menanam di area pinggiran Bengawan Solo, dan pembagian sembako kepada warga yang kurang mampu.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Blora, Sri Widjanarsih menjelaskan bahwa kegiatan Puncak HKB 2023, yang semula akan dilaksanakan pada 10 dan 11 Mei 2023, diundur menjadi tanggal 15 dan 16 Mei 2023.

“Hal itu dikarenakan Bapak Kepala BNPB ada tugas pendampingan ke Luar Negeri yang tidak bisa diwakilkan/batalkan, sehingga acara diundur menjadi tanggal 15 dan 16 Mei 2023,” kata dia di Blora, Selasa (16/5/2023) .

Dikatakannya, untuk livestreaming dilaksanakan di pendopo Kecamatan Cepu, sedangkan pengambilan gambar/video simulasi evakuasi bencana babjir, dilaksanakan di Desa Nglanjuk dan Sumberpitu Kecamatan Cepu, Desa Panolan Kecamatan Kedungtuban dan Desa Nglungger Kecamatan Kradenan. Keempat desa tersebut dilalui Sungai Bengawan Solo.

“Untuk live streaming dilaksanakan di pendopo Kecamatan Cepu. Jadi ada empat desa tangguh bencana (destana) yang melakukan simulasi bencana banjir, disiarkan secara live melalui televisi (TVRI dan BNPB) dan bisa dilihat langsung melalui handphone,” ucapnya. (HS-08)

DAS Kritis di Indonesia Terus Meningkat

Percaya Diri Bisa Berbuat Banyak di Etihad