in

Biaya Perawatan Kota Lama Dianggarkan Rp 3,6 M, Dewan: Jangan Sampai yang Sudah Dibangun Bagus Rusak

Foto ilustrasi: Kawasan Kota Lama, salah satu andalan wisata Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Komisi D DPRD Kota Semarang meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), agar bisa melakukan perawatan terhadap bangunan hasil pembangunan berupa revitalisasi Kota Lama dari Kementerian PUPR.

Sebab, pengerjaan tahap 2 telah rampung pada Desember tahun 2020, dan tinggal menunggu serah terima resmi dari Satker PUPR ke Pemerintah Kota Semarang.

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo mengatakan, dewan berharap apa yang sudah dibangunkan oleh Kementerian PUPR dengan anggaran APBN ini, nantinya bisa terawat dengan baik.

Karena kawasan Kota Lama juga menjadi ikon pariwisata di Kota Semarang, dan daya tarik wisatawan. Baik dari domestik dan mancanegara.

“Kita harapkan nanti pemkot bisa merawat dan mengembangkan destinasi wisata di Kota Lama. Untuk merawat kawasan Kota Lama tersebut, Disbudpar sudah rapat dengan Komisi D, terkait penganggaran tahun 2021. Itu sudah kita anggarkan tambahan anggaran sekitar¬†Rp 3,6 miliar,” terang Anang, Jumat, (29/1/2021).

Dengan adanya anggaran perawatan, kata Anang, jangan sampai yang sudah dibangun bagus ini nanti rusak, tidak termanfaatkan dengan baik.

“Misalnya paving dan ornamen, serta aksesori lainnya, saya minta jangan sampai rusak. Seperti salah satunya dengan memasang portal, di Jalan Letjend Soeprapto, sehingga sekarang kendaraan truk atau bus yang memiliki muatan berat tidak boleh masuk kawasan Kota Lama, karena risiko membuat jalan batu alam di Kota Lama pecah,” ujarnya.

Selain perawatan dari pemerintah, lanjut Anang, juga perlu dukungan dari masyarakat untuk ikut menjaga dan merawatnya.

“Masyarakat tidak kalah penting, sehingga bangunan dan aksesori yang sudah tertata ini mempercantik Kawasan Kota Lama,” ungkapnya.(HS)

Sempat Buron Beberapa Tahun, Tersangka Pencabulan Anak Bawah Umur Di Kendal Berhasil Dibekuk

Yoyok Sukawi Temui Honorer K2 Semarang, Begini Asprirasi yang Disampaikan