in

Bhabinkamtibmas di Klaten Pantau Pasien OTG Covid-19 yang Isolasi Mandiri

Bhabinkamtibmas Desa Beji Aiptu Tri Wahyono, bersama babinsa, bidan desa, perangkat desa, dan relawan Covid-19, memantau pasien yang menjalani isolasi mandiri. (Foto : tribratanews.klaten.jateng.polri.go.id)

 

HALO KLATEN – Jajaran Polres Klaten melakukan berbagai upaya untuk mendukung pelaksanaan penanggulangan Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memantau warga yang melaksanakan isolasi mandiri karena terinfeksi Covid-19, di Desa Beji, Kecamatan Pedan. Pemantauan dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Beji Aiptu Tri Wahyono, bersama babinsa, bidan desa, perangkat desa, dan relawan Covid-19.

Aiptu Tri Wahyono mengatakan dalam menjalankan kebijakan pemerintah terkait PPKM mikro, Kepolisian bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah, melaksanakan pengawasan dan pemantauan pada warga yang memiliki kontak dengan warga lainnya, yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Pengawasan dilakukan untuk memastikan warga menjalani isolasi mandiri dengan benar.

Dalam kegiatan itu, Bhabinkamtibmas memberikan imbauan kepada warga, agar mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5M, yakni memakai masker,  mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumuman, dan mengurangi mobilitas.

“Kami juga berpesan agar warga tetap melaksanan isolasi mandiri di rumah, sampai batas waktu yang ditentukan dan selalu menjaga imun,” kata dia, seperti dirilis laman resmi Polres Klaten.

Upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, juga dilaksanakan oleh Polsek Klaten,  Jumat (18/6) dalam pertemuan dengan penyelenggara hajatan, di rumah makan Papringan Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah.

Hadir dalam giat tersebut, antara lain Camat Klaten Tengah Drs Sofan MSi, Waka Polsek Klaten Iptu Widodo, Danramil 01 Kota diwakili Sertu Hardjoko,  wakil dari Puskesmas Klaten Tengah, FKDM Kecamatan Klaten Tengah, dan sejumlah pihak terkait.

Dalam pertemuan itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Klaten Tengah, meminta panitia penyelenggara hajatan pesta pernikahan yang akan dilaksanakan Minggu (20/6) membagi acara dalam dua sesi.

Sesi pertama mulai 12.00 WIB sampai 13.00, dan sesi kedua pukul 13.00 sampai selesai. Penyelenggara juga diminta untuk sangup memenuhi dan mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu pada saat hajatan berlangsung, panitia harus betul-betul mengawasi pelaksanaannya.

Baik panitia maupun tamu, harus menaati protokol kesehatan, yaitu selalu menggunakan masker, mengukur suhu tubuh sebelum masuk ke lokasi acara, menjaga jarak, tidak berkerumun, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, serta selektif terhadap tamu undangan yang rentan tertular Covid-19.

Pada hari yang sama, Kapolsek Klaten AKP Sriyanto SH MH, beserta Wakapolsek dan Bhabinkamtibmas, juga hadir dalam silaturahmi dan diskusi oleh Gugus Tugas PPKM Kecamatan, bersama wedding organizer dan pengelola catering, di Pendopo Kembar, Desa Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan.

Menurut Kapolsek Klaten AKP Sriyanto SH MH, wedding organizer sebagai garda terdepan dalam penyelenggarahan pernikahan, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pelaksanaan protokol kesehatan. (HS-08)

Share This

Kasus Covid-19 Melonjak, Klaten Berpotensi Zona Merah, Warga Diminta Perketat Protokol Kesehatan

Cegah Korona Merebak, Semua Tempat Wisata di Klaten Ditutup