in

Besok Minggu Siang Ada Fenomena Gerhana Matahari Cincin

Foto ilustrasi.

 

HALO SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa akan terjadi Gerhana Cincin pada Minggu 21 Juni 2020.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 ini adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Tiongkok, dan Samudera Pasifik. GMC 21 Juni 2020 ini juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, termasuk Indonesia.

“Sementara wilayah Indonesia terutama di Jawa Tengah yang terlewati jalur Gerhana Matahari Cincin meliputi Semarang, Ungaran, Pekalongan, Batang, Kudus, Demak, Jepara, Pati, Purwodadi, Sragen, Rembang dan Blora,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang, Iis Widya Harmoko, melalui rilisnya, Jumat (19/6/2020) malam.

Sementara secara umum gerhana di Jawa Tengah akan dimulai pada pukul 14.59 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 15.18 WIB dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.38 WIB.

“Untuk durasi gerhana yang teramati di Jawa Tengah rata-rata adalah 0,38 jam,” tambahnya.

Dia menjelaskan, Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

“Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya,” jelasnya.(HS)

Share This

Timnas U-19 Satu Grup dengan Uzbekistan, Kamboja, dan Iran di Piala AFC U-19

Jokowi: RUU HIP Murni Inisiatif DPR