in

Bertepatan Gerhana Bulan, Ibadah Waisak Dilakukan Secara Khusus

Ibadah detik-detik Waisak pada Hari Raya Waisak 2565 BE/ 2021 di Vihara Tanah Putih Kota Semarang, Rabu (26/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Pelaksanaan ibadah detik-detik Waisak pada Hari Raya Waisak 2565 BE/ 2021 di Vihara Tanah Putih Kota Semarang diselenggarakan secara sederhana, Rabu (26/5/2021). Upacara dilakukan secara terbatas dan daring akibat masih adanya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kepala Vihara Tanah Putih, Bhikku Cattamano Mahathera mengungkapkan, Hari Raya Waisak tahun ini merupakan salah satu perayaan yang langka, karena bertepatan dengan munculnya gerhana bulan total. Dengan begitu, perayaan Waisak kali ini dilakukan dengan ibadah khusus tepat puncaknya gerhana.

“Peristiwa seperti ini sangat langka, sebelumnya sudah terjadi di tahun 2003. Maka dari itu, umat Buddha pada Waisak kali ini, kita lebih mawas diri, kemudian kembangkan sifat-sifat luhur, nilai-nilai luhur, untuk membangun keluhuran bangsa,” kata Bhikku Cattamano, Rabu (26/5/2021).

Bhikku Cattamano menjelaskan, meskipun terdapat ritual khusus bertepatan dengan gerhana bulan total, pelaksanaan ibadah dilakukan dengan khidmat secara sederhana dan daring.

“Kami melakukan secara sederhana dan upacara detik-detik Waisak dengan terbatas dan virtual, menganjurkan kepada para umat yang tidak berkesempatan datang dapat mengikuti secara virtual di rumah masing-masing, mengingat masa pandemi Covid-19 masih ada,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan tidak lain sebagai upaya membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19. Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Supaya kita bisa membantu pemerintah untuk mengatasi penyebaran dari Covid-19,” terang Bhikku Cattamano.

Tema yang diangkat pada Waisak tahun ini ialah cinta kasih membangun keluhuran bangsa. Bhikku Cattamano berpesan kepada umat Buddha, supaya terus saling membantu kepada sesama. Selain itu, membangun keluhuran bangsa serta untuk menjaga kerukunan.

“Hidup saling rukun. Sebagaimana dalam Dhammapada dikatakan, walaupun seorang mampu mengalahkan ribuan musuh dalam satu kali pertempuran, namun yang lebih mulia jika kita bisa menaklukkan diri sendiri. Musuh yang terbesar adalah dalam diri kita sendiri,” tutupnya.

Ibadah umat Buddha di Vihara Tanah Putih masih akan dilakukan pada Sabtu (29/5/2021) besok. Di mana umat Buddha akan melakukan Ibadah perayaan Waisak.(HS)

Share This

Jelang Liga 1 2021, Sudah Ada Enam Pemain Yang Dilepas PSIS

ASN Asal Kendal Ini Gugat Salah Satu Perbankan Swasta di Semarang Senilai Rp 1,39 M, Ini Alasanya