in

Bertemu Menteri Haji Arab Saudi, Menag RI Sampaikan Mashariq Gagal Penuhi Target dan Keluhkan Sanitasi Buruk

Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tafiq F Al Rabiah, baru-baru ini. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Taufiq F Al Rabiah menggelar pertemuan khusus, sebelum menghadiri Hafl al-Haj al-Khitamy 1444 H, acara perayaan selesainya puncak haji, di Kantor Kementerian Haji dan Umrah di Makkah, Jumat (30/6/2023) malam.

“Menag menemui secara khusus Menteri Haji Arab Saudi Taufiq, sebelum mengikuti perayaan atas selesainya penyelenggaraan haji 1444 H,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, di Makkah, Minggu (2/7/2023).

Dalam pertemuan dengan Taufiq F Al Rabiah, Menag RI menyampaikan apresiasi atas sejumlah kemudahan yang diperoleh jemaah haji Indonesia, selama beribadah haji.

Dalam kesempatan itu, Menag Yaqut juga menyampaikan sejumlah masalah yang dihadapi jemaah haji Indonesia, khususnya saat di Muzdalifah dan Mina.

“Layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina sepenuhnya menjadi tanggung jawab Mashariq dan pihak Saudi. Karenanya Menag menyampaikan sejumlah masalah yang muncul kepada Menhaj Saudi,” kata Hilman, seperti dirilis kemenag.go.id.

Sejumlah masalah yang dialami jemaah haji Indonesia, antara lain keterlambatan pemberangkatan jemaah dari Muzdalifah ke Mina.

Jemaah terakhir bisa diberangkatkan ke Mina pada pukul 13.30 waktu Arab Saudi.

Hal ini menyebabkan jemaah kepanasan saat di Muzdalifah. Mashariq yang bertanggung jawab dalam mobilisasi jemaah, gagal memenuhi target untuk segera membawa jemaah haji Indonesia dari Muzdalifah ke Mina.

Masalah lainnya muncul saat jemaah berada di Mina. Sanitasi di sejumlah maktab yang dihuni jemaah haji Indonesia sangat buruk.

Air bersih di dapur di sejumlah maktab tidak keluar. Hal ini berakibat pada keterlambatan penyiapan makanan dan distribusinya.

“Semua problem yang terjadi di Muzdalifah dan Mina, disampaikan ke Menhaj Saudi karena itu menjadi tanggung jawab Mashariq,” ujar Hilman.

Hilman menjelaskan, Menhaj Arab saudi, Taufiq sudah mendengar sejumlah persoalan yang dialami jemaah haji Indonesia.

Menteri Haji akan melakukan perbaikan-perbaikan dan menyatakan tidak akan membiarkan hal itu terjadi kembali.

Hadir mendampingi Menag Yaqut Cholil dalam acara Hafl al-Haj al-Khitamy 1444 H yang bertema “Khitaamuhu Misk” tersebut Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Irjen Kemenag Faisal AH, dan Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz.

Hadir pula Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Subhan Cholid, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Pertemuan ini juga diikuti sejumlah menteri dan delegasi negara pengirim jemaah haji. (HS-08)

Polri Gelar Kegiatan Khatam Al-Quran 30 Juz

Saudi Ubah Kebijakan Masyair, Tidak Ada Lokasi Khusus untuk Negara Tertentu