in

Bertemu Mentan, Gibran Sampaikan Konsep Tanaman Jamu

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan alat mesin pertanian, kepada Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA –  Pemerintah Kota Surakarta, bersama Kementerian Pertanian, akan mengembangkan pertanian di kampung perkotaan (urban farming), menggunakan lahan sempit.

Hal itu disampaikan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, dalam diskusi dengan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, di Balai Kota Surakarta, membahas konsep dan praktik bertani di lahan sempit perkotaan atau urban farming.

Dalam kesempatan itu, Gibran menyampaikan konsep pertanian jamu-jamuan dan obat-obatan tanaman untuk kosmetik.

“Khususnya program-program terkait kepentingan rakyat khususnya maksimalkan lahan sempit untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Kami kaji dulu apa kebutuhannya. Dengan bantuan alat pertanian yang diterima, kami coba potensi apa yang bisa digarap,” terang Wali Kota, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Lanjut Gibran, kegiatan beternak dan berkebun, kini tidak hanya di lahan luas. Lahan pertanian sempit pun bisa digunakan. Hasilnya bisa diolah oleh industri kecil, untuk menjadi produk baru yang dapat meningkatkan ekonomi warga.

Sementara itu dalam kunjungan kerjanya ke Solo, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, berdiskusi soal pemanfaatan lahan tersisa di Kota Surakarta, untuk diolah demi mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi.

Pada kesempatan itu, Menteri Syahrul juga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian atau alsintan. “Oleh karena itu, kami sediakan bantuan power trasher, alat untuk membuat lahan bedengan. Mari kita coba bertani di perkotaan dengan bantuan alat-alat tersebut. Bertani tidak harus di lahan yang besar. Di ruangan pun bisa,” jelasnya.

Diketahui, bantuan yang diterima Wali Kota Surakarta, berupa 1 unit power thresher, 5 unit cultivator, 70 paket program P2L dan 1 unit green house dengan total bantuan senilai Rp 1.709.000.267, serta bantuan benih sayuran. (HS-08)

Share This

Ngemplak Jadi Percontohan Korporasi Pertanian di Pekarangan Rumah

Pemkab Cilacap Rencanakan Pembuatan Generator Oksigen