Bersyukur Gagal Bertarung karena Posivif Covid-19

Gilbert Burns/dok.

 

HALO SPORT – Petarung asal Brasil, Gilbert Burns, seharusnya menghadapi juara kelas welter Kamaru Usman pada Ultimate Fighting Championship (UFC) UFC 251 pada 11 Juli lalu.

Namun, sepekan sebelum laga, Burns mundur karena positif terpapar Covid-19. Posisinya kemudian digantikan Jorge Masvidal.

Pria 34 tahun itu mengaku bersyukur gagal bertarung gara-gara terserang virus korona. β€˜β€™Saat itu saya mulai sakit, dan memutuskan untuk pulang,’’ ujar Gilbert kepada MMA Fighting.

Setelah sebulan didiagnosis positif, dia masih merasakan efek virus itu. Kondisi kardionya mengalami kerusakan yang paling parah.

β€˜β€™Level energi saya tidak segera kembali normal. Hingga sebulan, saya belum dalam kondisi 100 persen,’’ paparnya.

Burns mengambil pelajaran itu, dan membagikan ceritanya kepada orang lain. β€˜β€™Virus ini sangat membingungkan. Tiga pelatih saya juga positif, tetapi mereka tak merasakan apa-apa,’’ tambahnya.

Petarung berjuluk Durinho itu mengimbau semua orang untuk waspada. Memakai masker, jaga kebersihan, dan jangan nekat merupakan langkah pencegahan yang tepat.

Selepas kembali fit, Gilbert dijadwalkan bertemu Kamaru pada UFC 258, 13 Februari 2021. Partai ini menjanjikan duel seru dan sengit.

Burns menguasai gulat dan jiu-jitsu Brasil. Untuk pertarungan atas, dia belajar kickboxing. Rekornya di mixed martial arts (MMA) adalah 19 kali menang dan tiga kali kalah.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.