in

Bersihkan Pantai, Bupati Cilacap Ajak Lestarikan Lingkungan

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji bersama jajaran Pemkab Cilacap, TNI, Polri, serta warga masyarakat, Jumat (15/10), melaksanakan kerja bakti massal membersihkan Pantai Kemiren, Tegalkamulyan, Cilacap Selatan. (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengajak warganya untuk melestarikan lingkungan dengan berbagai cara, termasuk tak membuang sampah di sembarang tempat dan menanam mangrove di pesisir pantai.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dalam kerja bakti massal membersihkan Pantai Kemiren, Tegalkamulyan, Cilacap Selatan. Kegiatan diikuti oleh jajaran Pemkab Cilacap, TNI, Polri, serta warga masyarakat, Jumat (15/10).

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam kegiatan ini. Bupati berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan, sehingga kebersihan dan kebersihan pantai dapat terjaga dengan baik.

Dia juga menyinggung masalah abrasi di Pantai Kemiren dan Pantai Tegalkamulyan, yang mengakibatkan tanggul pantai dan tempat usaha milik warga mengalami kerusakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Maret lalu telah dilaksanakan penanaman 3.000 batang pohon cemara laut, hasil kerja sama antara pihak Kelurahan Tegalkamulyan dengan PT Pertamina RU IV Cilacap.

Bupati melanjutkan, bahwa upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan  dan penanganan abrasi pantai ini, tidak dapat dilaksanakan hanya oleh Pemerintah semata, melainkan dibutuhkan keterlibatan dan kerjasama semua pihak.

“Betapapun kerasnya upaya Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam hal pelestarian lingkungan, tidak akan berhasil secara maksimal apabila tidak didukung oleh kesadaran dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan tersebut. Oleh karena itu, mari kita lestarikan lingkungan kita, maka lingkungan akan memberikan manfaat bagi kesejahteraan kita semua,” katanya.

Sejalan dengan pemikiran Bupati, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cilacap, Ir. Sujito, M.Si juga mengatakan akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan Penghijauan Kembali di sepanjang pesisir pantai.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan DLH dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, agar segera mengalokasikan bibit untuk ditanam di sepanjang pantai. Hal tersebut dilakukan untuk menahan abrasi. Karena sabuk hijau sangat penting dalam penanganan abrasi ini,” ujarnya. (HS-08)

Share This

Percepat Herd Immunity, DPC PDI Perjuangan Kendal Gelar Vaksinasi Tahap Kedua

Pemkab dan DPRD Purbalingga Sepakati KUA PPAS Tahun 2022