in

Bersiap Sambut Jemaah Haji Indonesia, Kemenag Kirim 489 Petugas ke Saudi

Pelepasan petugas haji Indonesia. (Foto : Kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan 489 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) ke Arab Saudi, Sabtu (20/5/2023).

Mereka terdiri atas 100 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara, 248 petugas haji Daker Madinah, 12 petugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, serta 129 tenaga kesehatan.

Pelepasan petugas ini, dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Hadir dalam acara pelepasan, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz dan Wibowo Prasetyo. Hadir pula Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar dan jajaran Eselon II Ditjen PHU Kemenag.

Dirjen PHU Hilman Latief, berharap kehadiran PPIH Arab Saudi diharapkan dapat menjadi penopang layanan haji Indonesia.

“Ibu dan bapak sekalian adalah wakil bangsa Indonesia, yang berasal dari berbagai unsur. Oleh karena itu kami berpesan, mohon dijaga martabat dan nama baik Indonesia,” ujar Hilman, seperti dirilis kemenag.go.id.

“Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti SOP, patuhi instruktur atau koordinator untuk seluruh tugas-tugas yang akan anda lakukan,” imbuhnya.

Pada musim haji 1444H/2023M ini, tidak kurang dari 4.000 petugas dari berbagai sektor, akan diturunkan untuk memberikan pelayanan kepada jamaah asal Indonesia di Tanah Suci.

“Kehadiran PPIH Arab Saudi yang direkrut dari berbagai unsur pemerintah dan masyarakat sipil ini, diharapkan dapat menjadi penopang layanan untuk jemaah haji Indonesia yang terbaik,” ujar Hilman.

Dia mewanti-wanti, bahwa tahun ini Kemenag RI menekankan tagline Haji Ramah Lansia.

“Selamat melaksanakan tugas. Ingat juga, bahwa tahun ini kita memiliki tagline Haji Ramah Lansia. Maka, berikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia,” tukas Hilman.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily. Menurutnya, para petugas haji merupakan orang-orang terpilih untuk melayani para tamu Allah.

“Manfaatkan kesempatan yang saudara peroleh ini. Saudara ditugaskan untuk melayani tamu Allah. Karena itu pesan kami, luruskan niat kita untuk melayani jemaah,” pesan Ace.

Operasional penyelenggaraan haji 1444 H/2023 M akan dimulai pada 24 Mei 2023. Ini ditandai dengan pemberangkatan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 yang akan diterbangkan dari Indonesia menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. (HS-08)

Indonesia dan Kepulauan Cook Gelar Pertemuan Bilateral Perdana Sejak 2019

Pulang ke Semarang, Dewangga Disambut dengan Tumpengan