in

Bermodalkan Sabun, Mahasiswa KKN Undip Provokasi Anak-anak untuk Patuh Prokes

Ris Setya Resa, mahasiswa KKN Undip bersama anak-anak setelah usai edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

 

HALO SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang gencarkan edukasi program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada anak-anak di Desa Bumen, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Rabu (4/8/2021).

“Mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas merupakan tindakan nyata dalam upaya memutus mata rantai Covid-19. Terlepas dari upaya tersebut, realitanya masih dijumpai anak-anak yang belum melaksanakan program cuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar,” tutur mahasiswa KKN Undip yang mengaku bernama Ris Setya Resa.

Ia menuturkan, di Desa Bumen terpantau menurunnya kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan. Oleh karena itu, lanjutnya, diperlukan suatu edukasi untuk melawan virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Kurangnya kesadaran diri dan belum pahamnya fungsi serta efektivitas dari CTPS terhadap Covid-19 ini yang menjadikan program CTPS di Desa Bumen belum berjalan maksimal,” imbuh mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro Semarang itu.

Uniknya, saat berlangsungnya edukasi, diiringi dengan bernyanyi bersama. Tujuan itu dilakukan supaya anak-anak dapat mencerna lebih mudah.

“Kegiatan diawali dengan edukasi lisan dan menyanyikan lagu tujuh langkah cuci tangan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video penunjang dan pembagian poster tujuh langkah cuci tangan yang benar,” ucapnya.

Terpantau hampir semua anak-anak yang mengikuti program sangat antusias mempraktikkan tujuh langkah cuci tangan yang diedukasikan.

“Hal ini dibuktikan dengan adanya perwakilan anak-anak yang maju ke depan untuk mempraktikan tujuh langkah cuci tangan. Anak tersebut bernama Naufal. Kegiatan pun diakhiri dengan praktik langsung Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan kembalinya anak-anak ke rumah masing,” paparnya.(HS)

Share This

Rektor USM Buka Program KMMI

Ganjar Cek Pembagian BST, Ada Buruh Tani Kembalikan Bansos