in

Berlayar Tanpa Izin, Polda Jateng Amankan Tiga Kapal dan Puluhan ABK

Ditpolairud Polda Jateng lakukan penindakan terhadap kapal yang tak memiliki SPB dari Syahbandar. (dok.Polda Jateng).

HALO SEMARANG – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Tengah mengamankan tiga kapal asal Jawa Timur yang berlayar di perairan Kabupaten Batang selama bulan Juni ini. Penindakan ini dilakukan karena tak ada izin berlayar atau Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari Syahbandar.

Tiga kapal yang diamankan masing-masing Kapal Motor (KM) Jati Subur Jaya ukuran 25 Gross tonnage (GT) dengan jumlah Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 19 orang, KM Gremet Laut ukuran 11 GT dengan jumlah ABK 11 orang, dan KM Barokah Rezeki ukuran 21 GT dengan jumlah ABK 20 orang.

“Kami amankan tiga kapal itu bagian dari melaksanakan pencegahan terjadinya ilegal fishing di perairan Jawa Tengah,” ujar Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi dalam keterangan yang diterima, Selasa (25/6/2024).

Hariadi menuturkan, ketiga kapal perikanan tersebut sempat digiring ke dermaga Mako Satpolairud Polres Batang. Ketiga nakhoda serta ABK dilakukan pemeriksaan oleh Tim Sisidik Subditgakkum.

Untuk penanganan selanjutnya Penyidik Ditpolairud Polda Jateng menyerahkan penanganan perkara kepada Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Batang. Dari pihak PPP Batang memberikan sanksi terhadap tiga kapal berupa teguran dan pembinaan agar pemilik kapal/nakhoda untuk tertib lapor dalam pembuatan SPB setiap akan pergi melaut dan bersedia tidak mengulangi lagi perbuatan tersebut.

“Upaya penegakan hukum bagi nelayan ini melakukan pendekatan restorative justice yang mana pengenaan sanksi pidana akan menjadi upaya terakhir, guna meningkatkan kepatuhan pemilik kapal untuk pengurusan SPB,” jelasnya.

Belajar dari kejadian itu, Hariadi berpesan kepada para nelayan untuk memahami pentingnya surat persetujuan berlayar. Dokumen itu hendaknya wajib diurus ketika hendak berlayar.

“Dokumen itu penting untuk memastikan bahwa kapal, awak kapal, dan muatannya secara teknis administratif telah memenuhi persyaratan kesehatan ABK, keselamatan dan keamanan pelayaran,” imbuhnya. (HS-06)

 

PSIS Lepas Giovani Numberi, Datangkan Bek Timnas U20

Kota Semarang Terima Penghargaan PBB, Satu-satunya di Indonesia