in

Berkendara pada Malam Hari, Ini Dia Tips Agar Aman dan Selamat Sampai Tujuan

Sumber : Twitter Dishub Aceh

HALO SEMARANG – Menjelang Lebaran, sebagian warga masyarakat memilih waktu untuk melakukan perjalanan mudik pada malam hari.

Namun melakukan perjalanan jauh pada malam hari, tentu membutuhkan persiapan yang lebih banyak, karena pada saat semacam itu biasanya digunakan untuk beristirahat.

Berikut tips agar aman dan nyaman, dalam melaksanakan perjalanan jauh pada malam hari, seperti dirilis tribratanews.polri.go.id.

Atur Waktu Tidur

Pemudik yang memilih berkendara pada malam hari, sebaiknya mengatur waktu tidur. Sebelum berkendara, harus menghabiskan pada siang hari untuk beristirahat yang cukup, agar tidak mengantuk di jalan.

Atur Kecepatan dan Tingkatkan Kewaspadaan

Melakukan perjalanan pada malam hari, mengandung risiko berkurangnya jarak pandang, akibat jalanan gelap. Karena itulah pengemudi harus meningkatkan kewaspadaan.

Di antara lain, menjaga jarak aman dan mengantisipasi blind spot. Selain itu, pengendara harus mengatur kecepatan dengan bijak. Karena pada jam-jam tersebut banyak kendaraan meningkatkan kecepatan.

Cek dan Bersihkan Kaca Lampu Mobil

Sebelum berkendara malam hari, usahakan untuk membersihkan lampu mobil dari kotoran. Hal ini penting dilakukan agar cahaya lampu bisa terang dan berfungsi normal.

Bersihkan Kaca Depan

Selain membersihkan lampu, bagian lain yang harus dibersihkan adalah kaca depan. Jangan sampai keterbatasan pandangan, diperparah dengan kaca mobil yang kotor atau penuh debu.

Cek Kondisi Karet Wiper

Pastikan karet wiper masih dalam kondisi bagus. Alat ini penting untuk membersihkan air yang menutupi pandangan ketika terjadi hujan. Hujan pada malam hari juga dapat mengganggu pandangan. Apabila jarak pandang semakin berkurang, ada baiknya menunggu sampai hujan sedikit lebih reda agar jarak pandang tidak terganggu.

Atur Posisi Spion

Spion adalah bagian dari komponen keselamatan untuk meminimalisasi blind spot dan pantulan sinar kendaraan di belakang mobil. Usahakan mengatur spion dalam posisi night view, agar pantulan cahaya dari belakang tidak terlalu menyilaukan. (HS-08)

Lunas PBB-P2, Enam Desa di Grobogan Dapat Hadiah Sepeda Motor

Jelang Lebaran, Pemkab Kendal Lakukan Peninjauan dan Mengecek Takaran BBM di Sejumlah SPBU