in

Berkat TMMD Sengkuyung Tahap III, Jalan Desa Plantungan Terbangun

Komandan Kodim (Dandim) 0721 Blora Letkol Inf Andy Sulistyo Kurniawan Putro SSos MTR (Han), menyerahkan hasil TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Plantungan, kepada Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, Kamis (14/10) di aula Kodim 0721 Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Program TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap III TA 2021, telah berhasil mewujudkan pembangunan jalan makadam lebih dari 1.000 meter berikut talut di bahu jalan, serta drainase beserta box culvert (gorong-gorong). Pembangunan dilaksanakan selama sebulan, secara bergotong-royong oleh TNI, Polri, Pemkab Blora, dan masyarakat di Desa Plantungan, Kecamatan Blora.

Hasil TMMD tersebut diserahkan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0721 Blora Letkol Inf Andy Sulistyo Kurniawan Putro SSos MTR (Han) kepada Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi, Kamis (14/10) di aula Kodim 0721 Blora.

Sebelum memulai penyerahan, Bupati Blora menyaksikan dokumentasi video pengerjaan pembangunan. Dalam tayangan dokumentasi itu, masyarakat dari berbagai kalangan antusias bahu membahu bersama TNI-Polri melaksanakan pembangunan.

Dalam acara itu, Bupati Blora H Arief Rohman menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan TMMD.

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Dandim, Polri, kepala desa serta seluruh masyarakat Plantungan. Alhamdulillah program TMMD yang dilaksanakan di Desa Plantungan, Kecamatan Blora selama sebulan ini, telah tuntas dilaksanakan dengan hasil yang baik,” kata Bupati, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Menurutnya, pelaksanaan TMMD membantu percepatan pembangunan, sekaligus merawat semangat gotong-royong masyarakat.

“Program TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan, serta kegotongroyongan untuk mengatasi persolan pembangunan, karena mengatasi persoalan tersebut harus sinergi dengan berbagai macam stakeholder dalam hal ini pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat,” ucap Bupati.

Disampaikan Bupati, pihaknya berharap ke depannya program ini agar dapat terus dilakukan di berbagai desa-desa lainnya.

“Sudah kita saksikan dengan video tadi, luar biasa, kita melihat sebelum dibangun dan setelah dibangun. Suatu langkah inovasi yang ke depan akan terus kita sinergikan. Kita juga berharap agar jangan berhenti di Desa Plantungan. Ke depan kita melangkah ke desa-desa lainnya,” kata dia.

Menurut dia, masih ada desa-desa yang mengalami kendala akses untuk transportasi. Dia berharap desa-desa itu juga bisa dibangun jalan.

“Kami ingin pada desa-desa di Blora, yang secara akses belum tersambung, nantinya dinas terkait akan kami minta sampaikan beberapa prioritas, nanti kita sinergikan dengan TNI dan Polri,” kata Bupati.

Sementara itu Dandim 0721 Blora Letkol Inf Andy Sulistyo Kurniawan Putro SSos MTR (Han), menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemkab Blora, kepada Kodim 0721 Blora, dalam membantu menyukseskan program pembangunan melalui program TMMD.

Pihaknya juga menerangkan, dengan program ini diharapkan dapat membantu akses desa-desa pelosok atau terisolasi.

Sehingga dengan adanya akses jalan, dapat membantu mendorong perekonomian mereka.

“Kami Kodim 0721 Blora mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan kami kepercayaan untuk menyukseskan kegiatan percepatan pembangunan di wilayah pelosok, khususnya pembangunan di daerah yang terisolir. Guna meningkatkan kelancaran arus transportasi yang nanti diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat,” papar Dandim.

Dandim juga menjelaskan bahwa pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Plantungan dapat terlaksana dengan baik dengan partisipasi dan dukungan berbagai pihak, terutama masyarakat setempat.

“Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III T.A 2021 dapat kami laksanakan dengan aman, tertib, benar, dan lancar. Hal ini berkat partsipasi dan dukungan dari semua komponen masyarakat Desa Plantungan,” terang Dandim.

“Terima kasih Ibu Kepala Desa sudah membantu kami, terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah berpanas-panas bekerja bersama kami dan Polri untuk menyelesaikan amanah yang diberikan bapak bupati kepada kami untuk bisa membuat sarana jalan di Desa Plantungan,” tuturnya.

Untuk diketahui, sasaran fisik pembangunan di Desa Plantungan meliputi pembangunan jalan makadam sepanjang 1.195 m lebar 2,5 meter, pembangunan talud bahu jalan di 7 titik dengan panjang 204,7 m lebar 0,3 m, pembangunan Box Coulvert panjang 5 m lebar 1 m dan drainase di 2 titik panjang 102 m, dengan hasil 100%.

Adapun untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan keterampilan dari dinas instansi terkait guna meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, hukum, pertanian, narkoba, wawasan kebangsaan dan keterampilan dari tim penggerak PKK Kabupaten Blora, Persit Kartika Chandra Kirana cabang XLII Blora dan Bhayangkari cabang Polres Blora untuk menambah keterampilan ibu-ibu sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hadir pada kegiatan tersbut Forkopimda Blora, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas PUPR, Camat Blora, Kades Plantungan. (HS-08).

Share This

Penutupan TMMD, Bupati Pati Persilakan Pemdes Karangawen Bangun Desa Wisata

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (15/10/2021)