Berikan Modal Kain, Ganjar Dorong Pramuka Jateng Buat Masker Anak-anak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berbincang dengan salah satu anggota Pramuka saat memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa (25/8/2020).

 

HALO SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan bantuan berupa kain kepada Kwarda Jateng untuk mendorong kreativitas Gerakan Pramuka Jateng dalam mengambil tindakan konkret membantu penanggulangan pandemi Covid-19 di Jawa Tengah.

Bantuan tersebut disampaikan Ganjar saat memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa (25/8/2020).

Menurut Ganjar, Gerakan Pramuka Jawa Tengah diharapkan akan jauh lebih baik, amalan Dasa Darma bisa lebih konkret, dan bisa langsung membumi.

Menghadapi pandemi Covid-19 ini Pramuka dituntut bisa mengambil peran penting dan tindakan yang lebih konkret tersebut. Misalnya di bidang pertanian, harus bisa ikut bicara bagaimana politik pangan dan keterampilan bertani.

“Mereka yang punya keterampilan menjahit, saya akan stimulus dengan bantu memberikan kain kepada Kwarda. Tolong bagikan sebagai sebuah rangsangan. Pramuka kan kreatif, jadi nanti bisa membuat masker kecil untuk anak-anak. Sekarang siapa yang peduli (masker anak-anak), sehingga siaga kita maskernya kebesaran,” kata Ganjar yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembinaan Daerah Pramuka Jawa Tengah usai upacara.

Masker hasil kreativitas dan desain sendiri dari Pramuka itu, lanjut Ganjar, nantinya bisa dibagikan kepada mereka yang tidak memiliki.

Tentunya juga disertai edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya memakai masker dan cara memakai masker yang benar.

“Gerakan Pramuka ini sangat bisa mengedukasi mereka semua. Bagaimana membagi masker disertai narasi yang mengedukasi tentang cara pakai dan pentingnya memakai masker. Juga bagaimana menjaga jarak dan bersalaman jarak jauh,” ungkapnya.

Selain memberikan kain, Ganjar juga memberikan tanda penghargaan Pramuka berupa Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Pancawarsa Utama, dan Lencana Pramuka Teladan.

Tanda penghargaan Pramuka tersebut diberikan atas jasa dan dedikasi yang sangat besar terhadap pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Lencana Melati diberikan kepada Bupati Pati yang juga Kepala Mabincab Pati Haryanto, Wali Kota Magelang, dan Kepala Mabincab Kota Magelang, Sigit Widyonindito, serta Kepala Kwarcab Kota Semarang Adi Tri Hananto.

Sementara untuk Lencana Darma Bhakti diberikan kepada Ahmad Istajib (Kwarda Jateng), Lencana Pancawarsa Utama diberikan kepada Narsim HS (Kwarcab Cilacap), dan Lencana Pramuka Teladan kepada Ninda Puspita Dewi (Pramuka Kota Semarang).

“Penerima penghargaan ini beberapa di antaranya adalah Bupati/Wali Kota. Ada Wali Kota Magelang dan Bupati Pati. Ini beberapa contohnya yang nanti bisa menggerakkan dan sangat bisa mengedukasi. Dalam penghargaan ini ada tugas. Ada satu obligasi moral yang harus kita berikan dan dedikasikan kepada merah putih, kepada bangsa dan negara dan kepada kemanusiaan. Maka saya ingin mengajak kita semua untuk selalu peduli terhadap kondisi yang sedang melanda seluruh dunia, khususnya Indonesia,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.