in

Berikan 185 Jenis Pelayanan Administrasi, 26 Instansi Bergabung di MPP Brebes

Bupati Brebes Idza Priyanti. (Foto : brebeskab.go.id)

 

HALO BREBES – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Brebes, bakal diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 5 Desember 2022 mendatang.

Peresmian MPP dilakukan serentak bersama 25 MPP lainnya di seluruh Indonesia.

Setelah melalui tahapan verifikasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sudah dinyatakan layak, standar ideal untuk beroperasi.

Bupati Brebes Idza Priyanti, juga sudah melakukan soft launching pada Rabu (23/11/2022) lalu.

Bupati Brebes Idza Priyanti, seperti dirilis brebeskab.go.id, Minggu (27/11/2022) mengatakan MPP Brebes sudah layak dioperasikan dengan menyediakan sebanyak 185 jenis pelayanan administrasi.

Pelayanan diberikan oleh 26 instansi, termasuk instansi vertikal, BUMN, dan BUMD. Dengan MPP menjadikan layanan makin efektif, efisien, cepat, ramah dan murah.

MPP Brebes berada di eks Kantor Bupati Brebes, Jalan Pangeran Diponegoro nomor 141 Brebes, yang telah disulap sedemikian rupa, untuk memberi kenyamanan dan keamanan pelayanan.

“Hadirnya MPP ini bagian dari mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui percepatan reformasi birokrasi. Selain itu, MPP juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terintegrasi,” jelas Bupati.

Idza menjelaskan, MPP Brebes sesuai rencana akan diresmikan pada 5 Desember 2022.

Namun saat ini sudah membuka layanan karena sudah memenuhi standar MPP Ideal.

“Direncanakan Presiden Joko Widodo atau Wakil Presiden pada 5 Desember mendatang akan meresmikan secara serentak secara virtual zoom,” ujarnya.

“Kami harapkan para pemohon di MPP lebih nyaman dengan dipenuhi seperti pojok laktasi, taman bermain untuk balita dan anak-anak, produk UMKM dan ramah layanan terhadap penyandang disabilitas,” harapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes Tety Yuliana, menjelaskan pendirian MPP didasari Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, Peraturan Menteri PANRB Nomor 92 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, Permendagri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Kerja sama Antar Daerah.

Tety menyampaikan, terdapat 26 Instansi yang memberikan pelayanan di MPP.

Masing-masing adalah Badan Pendapatan Daerah; Dinas Kesehatan; Dinas Pengairan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR); Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS); dan Dinas Perhubungan.

Ada pula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata; Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga; Dinas Sosial; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian, Penduduk dan Keluarga Berencana.

Selain itu juga Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan; Badan Kesbangpol; Satpol PP; Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah dan Perdagangan; Dinas Pekerjaan Umum; Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja; serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes.

Selain dari internal Pemkab, hadir pula dalam MPP Brebes, adalah Polres Brebes, UP3AD / Samsat; Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tegal; Kantor Pertanahan/BPN; BPJS Kesehatan; BPJS Ketenagakerjaan; Bank Jateng; serta PT Pos Indonesia; Pengadilan Agama. (HS-08)

Gelar Muzakarah, Kemenag Bahas Biaya dan Istitha’ah Haji

Polri Ajak Warga dan Tokoh Masyarakat Bersinergi Dalam Penanganan Gempa Cianjur