in

Beri Perlindungan Konsumen, Wabup Boyolali Cek Bahan Makanan

Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan bersama Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi mengecek salah satu toko modern di Boyolali, Selasa (11/04/2023). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan dan Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, mengecek bahan makanan yang dijual di Pasar Boyolali Kota dan sejumlah toko modern di Kecamatan Boyolali, Selasa (11/04/2023).

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan mengatakan pengecekan itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada konsumen di Kabupaten Boyolali, terutama menjelang Lebaran Tahun 2023.

Pengecekan tidak hanya dilakukan di dua lokasi itu, melainkan juga di berbagai pasar dan toko modern di 10 kecamatan.

“Titik sasarannya di 10 kecamatan, 10 pasar tradisional dan modern. Dalam rangka menjamin keamanan pangan yang akan dikonsumsi masyarakat menjelang Lebaran,” kata Wabup, seperti dirilis boyolali.go.id.

Dia meminta kepada pemilik toko modern, untuk segera menarik apabila menemukan kemasan makanan yang sudah rusak.

Penarikan juga harus dilakukan, pada bahan makanan yang telah melampaui tanggal kedaluwarsa.

“Yang penting masyarakat aman, jangan sampai nanti Lebaran ada yang keracunan makanan,” kata Wabup Iwan.

Kapolres Boyolali yang ikut melakukan pengecekan, mengatakan pihaknya akan terus melakukan monitoring, untuk mengecek ketersediaan bahan makanan saat perayaan Idulfitri hingga akhir April ini.

“Untuk mengecek kesiapan ketersediaan terutama barang barang sembako bahan pangan itu. Apakah masih mencukupi untuk sampai pada akhir bulan, terutama pada saat Lebaran. Ketersediaan pangan mencukupi dan tidak ada gejolak terkait dengan kenaikan harga maupun pendistribusiannya. Ini kita lakukan secara terus menerus,” ungkapnya.

Dalam monitoring tersebut, tim menemukan beberapa makanan yang kemasannya rusak.

Oleh tim pemantau, barang-barang tersebut disita dan akan ditindaklanjuti dengan pemusnahan.

Pengecekan ini terus berlangsung di 10 titik mulai dari Senin (10/04/2023) hingga Kamis (13/04/2023).

Di antaranya, di Pasar Andong Kecamatan Andong, Pasar Simo di Kecamatan Simo, Pasar Sunggingan  Kecamatan Boyolali, Pasar Cepogo  Kecamatan Cepogo, dan Pasar Karanggede Kecamatan Karanggede.

Adapula Pasar Musuk Kecamatan Musuk, Pasar Banyudono Kecamatan Banyudono, Pasar Boyolali Kecamatan Boyolali, Pasar Ampel Kecamatan Ampel, dan Pasar Selo Kecamatan Selo.

Pengecekan di tiap wilayah itu juga dilakukan pada pasar modern atau kios (HS-08)

Habib Jafar Bertemu Prabowo, Soroti Nasionalisme Anak Muda

125.840 Keluarga di Klaten Bakal Terima Bantuan Beras dari Bulog