Berharap Sukses Juga di Lintasan Kering

Alex Marquez/speedweek.

 

HALO SPORT – Salah satu kunci keberhasilan Alex Marquez pada MotoGP Prancis adalah lintasan basah Le Mans yang membuat ban depan milik Honda bekerja dengan baik. Pembalap 24 tahun itu berharap keberhasilan ini bisa terulang saat menjalani balapan di sirkuit kering.

‘’Kami berhasil dengan ban depan karena bisa melakukan pengereman dengan cepat. Ban depan Honda sangat penting,’’ ungkap Marquez seperti dikutip dari Speedweek.

Marquez mengakhiri penantian podium pertamanya dengan finis kedua di Le Mans. Dia naik kelas ke MotoGP 2020 dengan status juara dunia Moto2.

Namun, status itu cuma sekadar label karena Alex terbukti masih kesulitan beradaptasi dengan Repsol Honda dan persaingan di MotoGP.

Honda juga kehilangan kakak kandung Alex, Marc, yang absen hingga akhir musim lantaran cedera bahu. Kini, Alex harus berjuang sendiri membawa Repsol Honda bareng pembalap tes Stefan Bradl.

Dari delapan seri berlalu, Alex paling mentok meraih posisi ketujuh pada balapan Emilia Romagna dan urutan kedelapan di MotoGP Andalusia sebagai raihan terbaik keduanya.

Sisanya, Alex lebih banyak finis di luar 10 besar, bahkan di posisi 13 hingga 17. Pada balapan pembuka di Jerez, dia berada di urutan ke-12.

Tak heran kalau Repsol Honda sebagai tim kesulitan bersaing dan cuma berada di posisi kesembilan klasemen konstruktor.

Performa buruk sedari awal musim itu mungkin yang membuat Repsol Honda melepas Alex ke tim satelit LCR Honda pada musim 2021.

Juara dunia Moto3 2014 ini sepertinya ingin membuktikan kalau dia gabung Repsol Honda bukan karena rekomendasi kakaknya saja. Itu sudah ditunjukkannya pada MotoGP Prancis, Minggu (11/10).

Start dari posisi ke-18 dan balapan berlangsung di atas lintasan basah, Alex mampu menaklukkan satu per satu pembalap di depannya.

Dibantu performa buruk para rider Yamaha sepanjang lomba, dia akhirnya bisa naik ke baris terdepan menjelang finis.

Performa impresif ini diharapkan berlanjut pada MotoGP Aragon, 18 Oktober mendatang. Konsistensi Alex akan kembali diuji.(HS-01)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.