in

Berharap Pandemi Berakhir, FKUB Doa Bersama Lintas Agama

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mengikuti doa bersama yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama Pemalang, bekerja Kantor Kementerian Agama Pemalang, Minggu (18/7) secara virtual. (Foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pemalang, bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Pemalang, Minggu (18/7) menggelar acara doa bersama lintas agama secara virtual. Kegiatan tersebut diselenggarakan, berangkat dari rasa keprihatinan karena wabah Covid-19.

Dipandu Sofyan Hadi, dari Kantor Kemenag Pemalang, para tokoh lintas agama memimpin doanya.

Doa pertama adalah secara Konghucu, dipimpin oleh Evi Suningsih Efendi DAMN kemudian dilanjutkan dengan doa secara Budha, dipimpin oleh Bambang Dwi Cahyo Adi. Untuk doa secara Hindu, dipimpin oleh I Made Suda dan doa secara Protestan dipimpin oleh Pdt Happy Budiono.

Adapun untuk doa secara Katolik, dipimpin oleh Romo Andreas Surya P Pr dan doa secara Islam dipimpin oleh KH Ulul Albab.

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ketika membuka acara tersebut, mengatakan di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita wajib berikhtiar dengan berbagai upaya, agar wabah dapat segera diatasi.

“Selain tindakan dalam bentuk nyata seperti menerapkan protokol kesehatan, pola hidup sehat, dan patuh pada aturan PPKM yang ditetapkan oleh pemerintah, kita juga perlu berdoa memohon kepada Sang Pencipta, agar wabah Covid-19 dapat segera diangkat. Juga agar upaya kita dalam menangani wabah tersebut, selalu diberi kemudahan,” kata Bupati, seperti dirilis laman resmi Pemkab Pemalang.

Dalam arahannya, Bupati mengajak semua pihak yang mengikuti doa bersama, agar senantiasa meningkatkan iman, berikhtiar semampunya, dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan.

Lebih lanjut Bupati Agung mengungkapkan, bahwa di masa sulit ini, semua pihak menerima dampaknya. Karena itu, menurut dia hal itu tidak perlu disikapi dengan emosional dan marah-marah, karena hal itu justru akan merusak tubuh.

Dia juga berpesan agar sesama manusia tidak perlu membenci, karena hanya akan mengotori hati dan jiwa. “Tidak perlu mengeluh, karena masih banyak karunia Tuhan yang patut untuk kita syukuri setiap saat,” kata dia.

Bupati juga mengajak warganya untuk menjaga ketenangan diri, agar perasaan dan pikiran selalu positif, sehingga dapat menumbuhkan daya kreativitas, inovatif, dan kreatif, agar bisa bertahan di masa yang sulit ini.

” Mari kita sama sama menumbuhkan rasa solidaritas, gotong royong simpati dan empati atas nama kemanusiaan dengan cara masing-masing tanpa melanggar aturan yang ada,“ ajaknya.

Kepada semua yang mengikuti doa bersama secara virtual, Bupati mengingatkan agar dapat meningkatkan kesadaran dengan menjalankan protokol kesehatan, termasuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi aktivitas dan menghindari kerumunan.

Bupati juga mengimbau untuk menyukseskan program vaksinasi.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua FKUB Kabupaten Pemalang, Mudatsir Mas’ud menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama FKUB dengan Kantor Kemenag Pemalang.

Terkait itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pemalang, Ketua Dewan Penasehat FKUB, yang juga Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Kepala Kantor Kemenag, dan Pimpinan instansi terkait, yang telah turut mendukung penyelenggaraan acara doa bersama lintas agama yang dilaksanakan secara virtual. (HS-08)

Share This

Penyintas Covid-19 : Vaksin dan Maskermu Adalah Pelindungmu

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Senin (19/7/2021)