in

Berencana Calonkan Diri di Musda, Soni Siap Pimpin IMI Jateng

Soni, sapaan akrab Wasono Nugroho.

 

HALO SEMARANG – Kisruh berkepanjangan di tubuh Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah tampaknya akan segera berakhir. Babak baru akan dimulai setelah Pengurus Pusat (PP) IMI dengan nakhoda baru, Bambang Soesatyo mengambil alih keberlangsungan organisasi IMI Jateng.

“PP IMI memerintahkan segera digelar Musyawarah Provinsi (Musprov), paling lambat Maret 2021. Sebelumnya PP IMI akan segera menunjuk pelaksana tugas Ketua IMI Jateng dari PP yang tugasnya mengantar sampai Musprov,” ujar Ahmad Saryono, Wakil Sekretaris IMI Jateng, Selasa (2/2/2021) di Semarang.

Agenda utama Musprov, menurut Ahmad Saryono, adalah pemilihan ketua umum IMI Jateng yang baru untuk periode 2021-2025. Selain itu, juga meminta laporan pertanggungjawaban kepengurusan IMI Jateng sebelumnya, yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum IMI Jateng, Murjenah.

Angin segar ini disambut antusias insan otomotif di Jawa Tengah. Beberapa tokoh bahkan menyatakan siap maju dalam pemilihan Ketua Umum IMI Jateng.

Satu tokoh yang menyatakan siap maju adalah Wasono Nugroho, yang dalam dua periode sebelumnya menjabat bendahara IMI Jateng.

Soni, sapaan akrab Wasono, mengaku prihatin dengan karut marut kepengurusan IMI Jateng yang sudah berlangsung dua tahun terakhir. Konflik internal membuat IMI Jateng seolah mati suri.

“Tapi yang sudah berlalu, mari kita jadikan pelajaran. Ke depan, IMI Jateng harus berjalan lebih baik, lebih solid, serta lebih tertib dalam berorganisasi,” tegas tokoh muda yang juga menjabat anggota DPRD Kabupaten Grobogan ini.

Lebih jauh Soni mengatakan, saat ini dia tengah melakukan konsolidasi ke internal pengurus maupun ke anggota IMI Jateng. “Saya ingin IMI Jateng kembali bangkit, dan sama-sama disengkuyung oleh semua insan otomotif, semua anggota IMI yang terdiri dari klub-klub otomotif, baik roda dua maupun empat, serta Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) se-Jawa Tengah. Tak terkecuali event organizer kegiatan otomotif di Jateng. Mari bersama kita bangkit,” seru pria 47 tahun ini.

Kiprah Soni di dunia otomotif memang tidak perlu diragukan. Menjadi pengurus IMI Jateng dalam empat periode terakhir, saat ini dia juga menjadi Ketua FOBM Grobogan.

Dalam berorganisasi Soni juga sangat matang. Tokoh muda ini menjadi Ketua Harian DPD II Partai Golkar Kabupaten Grobogan, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Grobogan, Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Grobogan, Ketua HIPMI Grobogan, dan pernah dua kali menjabat Ketua KNPI Kabupaten Grobogan.

Soal persaingan untuk menjadi ketua umum IMI Jateng, Soni mempersilakan siapa saja untuk maju.

“Monggo, siapa pun asal punya komitmen tinggi membesarkan IMI Jateng tanpa tendensi apapun. Apalagi tahun ini IMI Jateng mempunyai tanggung jawab besar yakni berprestasi di PON XX yang akan berlangsung di Papua. Kita sudah meloloskan delapan atlet dan siap merebut minimal 2 medali emas untuk Jateng,” ujarnya.

Seperti diketahui IMI Jateng mengalami konflik internal yang pelik. Ketua IMI Jateng sebelumnya, Kadarusman, mendapat sanksi skorsing karena dianggap tidak sejalan dengan kebijakan IMI Pusat. Selesai menjalani skorsing selama setahun, Kadarusman justru mendapat surat pemberhentian pada 16 Desember 2020 lalu, sehingga IMI Jateng saat ini dalam posisi status quo.

Ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu, Ketua PP IMI terpilih, Bambang Soesatyo mengatakan siap membenahi IMI Jateng.

Pria yang akrab dipanggil Bamsoet ini akan segera menunjuk pelaksana tugas Ketua IMI Jateng setelah dirinya dilantik sebagai Ketua PP IMI 10 Februari 2021.

“Pelaksana tugas Ketua IMI Jateng nanti hanya bertugas melaksanakan Musprov paling lama Maret 2021, Februari akan lebih baik. Prinsip kita adalah menjaga persatuan, jangan sampai ada lagi konflik,” tegas Bamsoet yang juga Ketua MPR RI.(HS)

Share This

Korban Insiden Terjerat Kabel Dapat Santunan Rp 1,5 Juta

Kembali ke Jalur, atau Justru Ambyar Lagi