in

Berburu Spot Paling Hit di Bukit Ngisis, Pegunungan Menoreh di Kulon Progo

Sejumlah pengunjung berfoto di Puncak Bukit Ngisis, Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, DI Yogyakarta.

SPOT yang paling dicari pelancong saat berwisata di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, DI Yogyakarta, salah satunya yakni Bukit Ngisis. Untuk mencapai puncak Bukit Ngisis ini, kita bisa menggunakan mobil pribadi atau motor karena kini jalannya sudah beraspal.

Namun meskipun sudah dicor dan beraspal, tapi kita harus ektra hati-hati arena medan jalan turun-naik yang cukup terjal dan belokan yang tajam melewati lembah dan jurang di samping kanan dan kiri.

Di Bukit Ngisis ini, nampak ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah tiap akhir pekan dan hari libur. Mereka berfoto di spot-spot sekitar Bukit Ngisis dan puncak Ngisis. Banyak spot di antaranya ada kebuh teh dan beberapa properti untuk berfoto yang sudah disediakan, seperti ayunan, bagian mobil, dan tempat duduk kayu dengan background pemandangan gunung.

“Kalau beruntung, pemandangan dari bukit Ngisis atau puncak sembilan ini, wisatawan bisa melihat sembilan gunung. Di antaranya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan lainnya. Biasanya, ada juga yang nginep malamnya disini untuk camping, dan paginya bisa melihat sunrise dengan pemandangan sembilan gunung,” kata Ade, salah- satu pelaku wisata lokal atau disebut akamsi (anak kampung sini), baru-baru ini.

Diterangkan Ade, spot yang juga banyak diburu wisatawan selain bukit Ngisis, adalah spot kebun teh Nglinggo dan wisata Jeep Rimbono.

“Kalau wisata ekstrem naik jeep menyusuri sungai, hutan pinus yang berlumpur. Bener-bener treknya melewati susur sungai lumpur di dalam hutan pinus,” imbuhnya.

Wisatawan juga bisa sekaligus mengunjungi spot lainnya berupa puncak Widosari.

“Di sini pengunjung bisa foto-foto dengan naik ke area bukit Widosari. Atau sejenak bersantai sambil ngopi dengan menikmati suasana alam yang asri khas di pedesaan,” katanya.

Spot wisata di wilayah Kulonprogo memang akhir-akhir ini sedang hit atau naik daun, karena mereka mulai butuh relaksasi setelah jenuh imbas dari Pandemi Covid-19. Terutama berwisata dengan suasana alam yang asri dan udara sejuk. Bahkan sejumlah artis ibukota pun telah berkunjung ke wisata Kulonprogo ini, di antaranya Helmy Yahya dan artis ibukota lainnya.

Salah satu pengunjung, Yoga mengatakan dirinya menikmati suasana di Bukit Ngisis ini.

“Saya melihat pemandangannya juga bagus. Selain itu, mulai dikelola dengan baik, dengan menambah sarana menginap dengan menyediakan home stay, dan caffe serta lingkungannya yang bersih. Dan sekaligus bisa berinteraksi dengan warga atau penduduk lokal yang sebagian besar adalah petani,” tambahnya.

Dikatakan Yoga, dirinya berkesempatan naik jeep saat berkunjung ke sini.

“Kalau punya waktu longgar, saya mau ke sini lagi bersama keluarga. Dan menginap di sini, menikmati suasana lebih lama mencari spot lain yang juga menarik,” pungkasnya. (HS-06)

Sampah Berserakan, Dewan Desak Dinas Segera Pindahkan Pedagang Pasar Kobong ke Pasar Ikan Rejomulyo

Sulitnya Pengurusan Ijin, Para Penambang Galian C di Kendal Sepakat Bentuk Paguyuban