Bentuk Pelayanan, Kejari Kendal Rawat Barang Bukti

Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Ronaldwin mengecek barang bukti yang disimpan di Kejaksaan Negeri Kendal, Kamis (10/9/2020).

 

HALO KENDAL – Sebagai bentuk pelayanan dan tanggung jawab, Kejaksaan Negeri Kendal merawat barang bukti atau BB secara istimewa di tempat yang aman.

Barang bukti kendaraan seperti sepeda motor dan mobil ditempatkan seperti di showroom. Di mana sepeda motor terbungkus plastik, begitu juga dengan mobil dalam keadaan bersih.

Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, Ronaldwin mengatakan, perlakuan istimewa ini, karena barang-barang tersebut mempunyai nilai bagi pemiliknya.

“Barang-barang itu kan belinya pakai uang yang tidak sedikit, maka kami merasa bertanggung jawab untuk merawatnya supaya tetap bagus,” ungkapnya, Kamis (10/9/2020).

Dikatakan, barang bukti berharga seperti sepeda motor dan mobil diperlakukan istimewa, di antaranya dicuci, diberikan selimut dari plastik, dan perawatan mesin secara berkala.

“Untuk mendapatkan atau membeli kendaraan yang kebetulan menjadi barang bukti ini, tidak mudah. Sehingga kami mempunyai kewajiban untuk merawatnya,” jelas Ronald.

Menurutnya, dengan melakukan perawatan terhadap barang bukti, maka pemilik merasa nyaman karena dirawat dengan baik.

“Sehingga para pemilik ini menaruh apresiasi yang bagus. Barang bukti yang sudah selesai pun langaung dikembalikan ke pemilik,” imbuhnya.

Sementara itu Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Dany Bramandoko mengatakan, inovasi ini sudah lama dijalankan oleh Kejaksaan Negeri Kendal.

Menurutnya, jika barang bukti dirawat, maka akan membuat pemilik tidak kawatir terhadap barangnya.

“Dengan pemberlakuan istimewa tersebut, para pemilik kendaraan yang kebetulan dijadikan barang bukti merasa nyaman,” ujar Dany.

Selain itu, kendaraan barang bukti yang sudah selesai dan kebetulan lokasi dekat dengan kantor Kejaksaan, maka akan di antar ke rumahnya.

“Hal ini sebagai bentuk pelayanan yang baik dari pihak Kejaksaan,” imbuhnya.

Dany juga menjelaskan, barang bukti dalam gudang juga semua tertata rapi. Selain itu, keluar masuk barang juga tercatat.

“Semua teraplikasi dengan ditandai barcode. Barang tercatat dalam status masih proses atau sudah selesai, atau siap dimusnahkan,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.