in

Bentuk Generasi Islam Cinta Al-Qur’an, Baznas Cilacap Resmikan QCBC

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, meresmikan Qur’an Center Baznas Cilacap (QCBC), di Ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cakti, Minggu (13/11/2022). (Foto : cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, meresmikan Qur’an Center Baznas Cilacap (QCBC), di Ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cakti, Minggu (13/11/2022).

Menurut Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Cilacap, Irvan Rahmat, QCBC bertujuan untuk membentuk generasi Islam yang mencintai Al-Qur’an.

QCBC adalah program Baznas Cilacap, yang bekerja sama dengan Masjid Agung Darussalam Cilacap. Irvan menyampaikan QCBC menyasar kepada anak-anak muslim dari usia dini untuk mulai mencintai Al-Qur’an.

“Tujuannya adalah untuk memberikan atau menumbuhkan minat, baik dari sisi bacaan dan kecintaan generasi muda Islam, kepada Al-Qur’an, terutama di usia-usia dini. Kita akan tumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an ini, kita siapkan generasi muda Islam untuk generasi yang qurani,” kata dia, seperti dirilis cilacapkab.go.id.

Sementara Wakil Ketua Baznas Jawa Tengah, Sholahuddin Aly sangat mengapresiasi program QCBC Baznas Cilacap, dan berpesan agar QCBC terus diperhatikan dan didorong keberlanjutannya.

“Saya turut senang atas QCBC. Menariknya QCBC ini berusaha mencetak generasi qurani, generasi yang cinta Al-Qur’an dengan berbagai pendekatan, tilawahnya, kaligrafinya, sampai hafalannya. Kami ikut mengapresiasi. Ini program yang sangat baik dan harus didorong, dan harus dipikirkan keberlanjutannya,” imbuhnya.

Sholahuddin Aly atau yang juga dipanggil Gus Sholah, menganggap ini adalah hal baik yang harus disebarluaskan kepada masyarakat muslim dan Baznas daerah-daerah lain agar membuat program serupa.

“Mudah-mudahan QCBC ini menjadi kebaikan yang menyebar ke semua daerah menginspirasi daerah-daerah yang lain. Ini kayaknya baru di Cilacap yang punya Qur’an center. Ini hal baik dimulai dari Cilacap. Ini nanti tolong diviralkan, diceritakan ke mana-mana supaya bisa jadi jariyah untuk semua yang terlibat,” tandasnya.

Sementara Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, berharap QCBC Center ini bisa mendorong anak-anak muslim, terutama murid Al-Qur’an Center Baznas Cilacap, untuk ikut meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an serta menghafal Al-Qur’an.

“Qur’an Center ini tentunya dapat mendukung pelaksanaan Program Cilacap Cerdas. Kita harapkan ke depan semakin bertambah Al-Qur’an Center di Kabupaten Cilacap, sehingga makin banyak generasi penghafal Al-Qur’an di Kabupaten Cilacap. Aamiin,” harap Bupati Tatto.

Dalam acara ini dilakukan penyematan kartu identitas santri QCDC dan penyerahan Al-Qur’an secara simbolis kepada 3 santri.

Diserahkan juga 22 Al-Qur’an dari Baznas Cilacap, untuk Masjid Baitussalam Setda yang kemudian diterimakan oleh takmir masjid.

Kemudian dilakukan penandatanganan prasasti oleh Bupati Cilacap yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, dan disaksikan Wakil Ketua Baznas Jawa Tengah, Ketua Baznas Cilacap beserta jajarannya dan tamu undangan lainnya, sebagai tanda diresmikannya Qur’an Center Baznas Cilacap. (HS-08)

Menteri PUPR Cek Bendungan Jlantah Jatiyoso

Monev Dana Hibah ke KONI, Disporapar Kendal : Secara Keseluruhan Laporan Sudah Rapi dan Sesuai