Bentuk EFC, Khabib Bersiap Jadi Promotor

Khabib Nurmagomedov/dok.

 

HALO SPORT – Mantan petarung Mixed Martial Arts (MMA), Khabib Nurmagomedov sepertinya tak bisa melepaskan cintanya pada olahraga keras ini. Buktinya setelah mengumumkan untuk pensiun sebagai petarung Mixed Martial Arts (MMA), Khabib berencana kembali ke ajang tarung bebas itu dengan menjadi seorang promotor. Dia baru saja membuat kompetisi MMA-nya sendiri yang diberi nama Eagle Fighting Championship (EFC).

Hal ini menjadi bukti bahwa petarung asal Rusia ini masih mencintai MMA dan ingin terus memajukan olahraga tersebut. Dia membentuk EFC sebagai sarana bagi para petarung untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke ajang yang lebih besar, Ultimate Fighting Championship (UFC).

Untuk merealisasikan keinginannya tersebut, Khabib pun menjadwalkan pertemuan dengan Presiden UFC, Dana White untuk membahas bagaimana kedua turnamen itu bakal berkolaborasi.

Khabib sendiri sejatinya menginginkan agar EFC dijadikan wadah mempersiapkan para petarung. Nantinya, petarung yang berhasil meraih gelar juara EFC dan mempertahankan titel tersebut selama beberapa kali, akan dipromosikan untuk berlaga di UFC.

Khabib sadar bahwa saat ini banyak petarung ingin berlaga di UFC. Maka dari itu, dia mencoba memfasilitsinya. Selain itu, dibentuknya EFC ini juga diharapkan akan membuat persaingan di dunia MMA menjadi lebih kompetitif.

“Saya mendapat tawaran ini untuk Dana White. Saya ingin membuat kontrak dengan UFC Fight Pass, untuk menyiarkan pertarungan EFC di sana, seperti kontrak mereka dengan M-1 tetapi sedikit berbeda,” beber Khabib, dinukil dari Bloody Elbow, Minggu (6/12/2020).

“Saya ingin membahas jumlah pertahanan gelar yang dibutuhkan petarung EFC untuk masuk ke UFC. Saat kami merekrut petarung, kami ingin organisasi mengikutsertakan mereka ke UFC,” lanjut pria berjuluk The Eagle itu.

“Misalnya, seorang pria melakoni enam pertarungan. Jika dia menang dan mempertahankan gelarnya beberapa kali, kami akan memberinya kontrak UFC. Lalu setelah dia menandatangani kontrak, kami akan menangani urusannya. Bukan rahasia bahwa semua orang ingin masuk ke UFC. Ajang MMA lain ingin petarung mereka tetap bertahan. Saya tidak menginginkan itu. Saya ingin EFC menjadi landasan peluncuran ke panggung dunia (UFC),” tandasnya.

Khabib juga memiliki cita-cita agar olahraga MMA bisa menjadi bagian dari Olimpiade. Khabib berharap agar pada Olimpiade 2028 sudah ada cabang olahraga (cabor) MMA yang dipertandingkan.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.