in

Belgia, Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Roberto Martinez/dok.

 

HALO SPORT – Sekarang atau tidak sama sekali, itulah pilihan yang akan dihadapi Timnas Belgia pada Piala Eropa 2020.

Euro 2020 merupakan kesempatan terbaik dan terakhir bagi generasi emas Belgia untuk unjuk kemampuan. Skuad Setan Merah arahan Roberto Martinez tergabung dalam Grup B bersama Denmark, Finlandia, dan Rusia.

Piala Eropa kali ini adalah ajang terakhir bagi generasi emas sepak bola Negara tetangga Belanda ini. Generasi emas itu merujuk pada para penggawa Setan Merah memasuki usia matang.

Sebut saja kiper Thibaut Courtois (29 tahun), bek Thomas Meunier (29 tahun), gelandang Kevin de Bruyne (29 tahun), winger Yannick Carrasco (27 tahun), gelandang Eden Hazard (30 tahun), striker Romelu Lukaku (28 tahun), dan penyerang Dries Mertens (34 tahun).

Di level klub, mereka jadi pemain bintang dan sukses mempersembahkan banyak gelar. Namun, di Timnas Belgia, pencapaian terbaik mereka adalah finis di peringkat ketiga Piala Dunia 2018.

Pada Piala Eropa 2016, Setan Merah cuma sampai perempat final. Eden Hazard dan kolega ditaklukkan Wales 1-3.

Pasukan besutan Roberto Martinez memang belum memiliki konsitensi. Mereka tangguh ketika jumpa tim kuat, tapi malah memble saat meladeni skuad semenjana.

Timnas Belgia masih bisa bersaing lagi di Piala Dunia 2022 dan Piala Eropa 2024. Hanya, mereka harus melawan usia dan negara lain pun sudah melakukan regenerasi.

‘’Penting bagi kami untuk tetap disiplin dan berangsur-angsur menjadi tak egois. Kalau semua pemain dalam kondisi fit, kami pantas yakin untuk menjadi juara,’’ ungkap Roberto Martinez seperti dilansir dari Sportskeeda.(HS)

Share This

Dies Natalis ke-37 Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang Akan Gelar Talkshow Kependidikan

Repsol Honda Belum Temukan Solusi