in

Belasan Tiang Listrik Menuju Pantai Mangunharjo Berdiri Di Tengah Jalan, Ini Langkah DPRD Kota Semarang

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman.

HALO SEMARANG – Terkait adanya fasilitas umum (fasum) berupa belasan pal atau tiang listrik yang berada di tengah Jalan Tanggulsari, Kelurahan Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, ditanggapi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang. Jajaran DPRD dalam waktu dekat ini berencana akan memanggil dinas PU dan Disperkim terkait perkembangan upaya pemindahan tiang listrik yang dikeluhkan warga.

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, banyaknya tiang listrik yang berada di tengah jalan menuju Pantai Mangunharjo, dinilai membahayakan warga yang melintas dan merusak pemandangan. Dewan mendorong melalui dinas terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, maupun PLN untuk segera memindahkan tiang listrik yang menganggu tersebut.

“Kami berharap PLN merespon cepat dan melihat kondisi di lapangan dan bisa segera bekerja sama dengan Pemkot Semarang. Agar tiang listrik bisa dipindah sehingga nantinya terlihat rapi,” ujar Pilus, sapaan akrab Kadarlusman, Minggu (12/6/2022).

Pilus menambahkan, adanya tiang listrik di tengah jalan sangat mengurangi keindahan pemandangan di jalan yang sudah bersih dan dicor. “PLN tidak respon itu. Harusnya PLN segera respon untuk segera memindahkan ke tepi jalan agar warga jadi aman,” tambahnya.

Pemindahan fasum tiang listrik, kata Pilus, memang menjadi tugas PLN, dan sedangkan PU sudah mengecor jalan tersebut. Bahkan, sebelum pengerjaan peningkatan jalan tersebut, PU sudah berkirim surat ke pihak PLN dan tembusan ke Wali Kota Semarang untuk bisa segera melaksanakan pemindahan tiang listrik setelah pengecoran jalan rampung.

“PLN harus tanggap kalau ada keluhan dari masyarakat terkait tiang listrik yang mengganggu. Nanti kita akan laporan ke Pak Wali Kota lagi. Semoga dari PLN bisa mendengar kalau ada keluhan ini dan langsung eksekusi memindahkan fasum tersebut,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Senada, anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Gumilang Febriansyah mengatakan, dari pihak DPRD mendorong agar pemindahan tiang listrik yang berada di tengah jalan setelah pembangunan pelebaran Jalan Tanggulsari rampung beberapa waktu lalu. Namun sampai sekarang masih terlihat banyaknya tiang listrik yang lama belum dipindahkan ke tepi jalan, sehingga menggangu masyarakat sekitar yang melintas di jalan tersebut.

“Dewan mendorong segera dipindahkan tiang listrik oleh PLN karena sangat menggangu dan bisa membahayakan warga saat melintas. Apalagi, pihak PLN sering melakukan kerja sama dengan Pemkot Semarang terkait pembenahan fasilitas publik di wilayah Kota Semarang,” terangnya, Minggu (12/6/2022).

Agar pemindahan tiang listrik tersebut segera ditindaklanjuti oleh PLN, lanjut dia, pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil pihak eksekutif atau dinas terkait, seperti DPU dan Disperkim. “Untuk kita tanyakan kepada eksekutif tentang sejauh mana perkembangan komunikasi yang dilakukan dengan PLN. Sehingga dalam rapat yang digelar Komisi C tersebut, nantinya bisa segera mengetahui kendala apa yang ada di lapangan, baik dari eksekutif dan PLN. Karena memang wewenang untuk memindahkan tiang listrik adalah wewenangnya ada di PLN,” tambahnya.

Diharapkan, dengan pemanggilan pihak terkait dan stakeholder, bisa mempercepat eksekusi pemindahan tiang listrik. Apalagi keberadaan tiang listrik di tengah jalan juga mengurangi estetika, pemandangan menuju Pantai Mangunharjo tersebut.(Advetorial-HS)

Bupati Kendal Kecewa, Banyak Sarana Prasana Olahraga Tak Terawat

Pengembangan Bidang Kenotariatan, USM- IPPAT Jateng Jalin Kerja Sama