in

Beberapa Kepala OPD Kendal Kosong, Bupati: Plt Kesulitan Penuhi Target Kerja

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

 

HALO KENDAL – Sampai saat ini tercatat ada 10 jabatan kepala di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kendal yang mengalami kekosongan jabatan. Delapan jabatan diantaranya, diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Delapan jabatan itu di antaranya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Kepala Dinas pemuda Olahraga dan Pariwisata, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, serta Kepala Dispendukcapil.
Sedangkan kekosongan lainnya adalah Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik dan Asisten Pemerintahan.

Menurut Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, kekosongan ini dikarenakan kinerja para pelaksana tugas masih jauh dari harapan, karena mereka masih merangkap jabatan.

Selain itu, beberapa Dinas yang masih dipimpin oleh Plt ini juga mendapat banyak kritikan dari masyarakat.

“Kekosongan jabatan menjadikan tugasnya dikerjakan oleh Plt, Beberapa Plt juga kesulitan mencapai target pekerjaan yang saya minta, karena penumpukan pekerjaan,” jelas Dico, Rabu (15/9/2021).

Dirinya menyadari, karena adanya aturan, yakni pemerintahan Dico-Basuki baru bisa mengisi jabatan setelah enam bulan menjabat, sehingga target kinerja belum bisa tercapai.

“Saat ini saya sedang mencari dan melakukan evaluasi dan seleksi untuk jabatan eselon II agar benar-benar bisa menempatkan orang yang sesuai dengan kompetensinya,” ungkap Dico.

Bupati menegaskan, proses evaluasi dan seleksi jabatan eselon II, dijadwalkan selesai bulan September ini.

“Semua tahapan seleksi sedang berlangsung dan diselenggarakan tanpa biaya apapun, begitu pula saat pelantikan nantinya,” tandas Dico.

Sementara itu Kepala BKPP Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri menjelaskan, pengisian jabatan saat ini memang cukup banyak.

Pasalnya banyak pejabat eselon dua yang pensiun dan juga ada beberapa OPD yang harus mendapatkan persetujuan dari Kementrian untuk pengisian jabatan. Karena memang posisinya langsung di bawah kementerian.

“Selain kekosongan karena purna tugas ada juga beberapa OPD yang harus mendapatkan persetujuan dari Kementeriannya, baik jika ada rotasi maupun mutasi,” ujar Cicik.(HS)

Share This

Ingin Pariwisata Bangkit, Yoyok Sukawi Singgung Soal Potensi Desa Wisata

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Kamis (16/9/2021)