in

Baznas Surakarta Bagikan Bantuan untuk Pedagang hingga Warga Kurang Mampu

Penyerahan bantuan dari Baznas Surakarta, untuk pedagang hingga warga kurang mampu. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Wakil Wali kota Surakarta, Teguh Prakosa, Rabu (29/9),  secara simbolis menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Baznas Kota Surakarta.

Kegiatan Tashoruf di Masa Pandemi, untuk para pedagang, siswa, panti asuhan dan warga kurang mampu itu, dilaksanakan di Joglo Putri, Kantor Baznas, di Sumber, Banjarsari, Solo.

Bantuan tersebut berasal dari zakat para ASN Pemerintah Kota Surakarta itu, untuk membantu meringankan beban hidup warga kurang mampu, siswa, dan usaha warga yang terdampak pandemi Covid.

Adapun bantuan yang diberikan, adalah berupa gerobak untuk jualan, bantuan usaha, mesin jahit, paket alat sekolah, dan paket sembako.

Teguh Prakosa menyatakan bantuan dari Baznas itu, juga memperingan beban pemerintah, dalam membantu warganya. Dia mengatakan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu diperlukan peran unsur-unsur lain untuk bekerja sama.

Dia berharap bantuan dari baznas tersebut , bisa menjadi stimulan atau penggerak, agar masyarakat bisa menata kehidupan lebih baik.

Lanjut Teguh, Covid-19 ini benar-benar memporak-porandakan berbagai bidang kehidupan, terutama kesehatan dan ekonomi. “Bahkan kematian akibat Covid-19 di Solo sudah seribuan lebih, dan secara nasional sebanyak 3 jutaan,” kata Teguh.

Wawali menyampaikan apresiasi pada Baznas, yang tidak perlu menunggu instruksi pimpinan daerah, sudah berpikir untuk membantu masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kota Surakarta, saya berharap semoga bantuan yang disalurkan menjadi modal untuk menggerakan roda kehidupan. Pemerintah tidak bisa memenuhi harapan bapak ibu sekalian, namun minimal apa yang sudah diberikan mampu mendorong kita bergerak lebih baik, menyikapi kehidupan dengan memanfaatkan dengan baik bantuan modal dan alat usaha dan lainnya,” tandas Teguh.

H Muhamad Munif selaku Pengurus Baznas Kota Surakarta, sekaligus panitia kegiatan menjelaskan, program bantuan yang diberikan untuk ekonomi produktif, dengan penerima manfaat usaha sebanyak 7 orang, berupa gerobak, mesin jahit juki, kompresor, serta bantuan modal usaha.

Selain itu juga bantuan pendidikan yang kepada UPZ MAN 1 Surakarta, yatim piatu terdampak Covid-19, siswa MTs Muhammadiyah operasional Pondok Kyai Ahmad Dahlan, vaksinasi ponpes se Surakarta, bantuan alat sekolah dan bantuan kemanusiaan berupa 100 paket sembako yang disalurkan pada warga kurang mampu.

Baznas Surakarta juga bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himprobsi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, untuk menyalurkan bantuan berupa paket sembako untuk Panti Asuhan Nur Hidayah.

“Bantuan yang kami salurkan tidak hanya berhenti di sini saja. Apabila ada yang mengusulkan, akan kami berikan bantuan alat usaha dan modal usaha khususnya untuk usaha jahit, konveksi, pedagang gerobak yang terdampak Pandemi Covid,” tutup Munif. (HS-08)

Share This

Pemkot Surakarta dan PT Kino Ajak Masyarakat Tidak Menyerah Lawan Korona

Tersedia 23 Ribu Vaksin, Warga Tak Perlu Khawatir Tak Kebagian