Baznas dan Pemkab Demak Latih Mustahik Berwirausaha

Pelatihan dasar kewirausahaan bagi mustahik di Gedung IPHI Jogoloyo, Senin (2/11/2020) (Foto : jatengprov.go.id)

 

HALO DEMAK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Demak bersama Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM menggelar pelatihan dasar kewirausahaan, bagi 25 mustahik atau orang yang berhak menerima zakat.

Kegiatan yang digelar selama empat hari dan akan berakhir Kamis (5/11) tersebut, untuk membantu memulihkan ekonomi mereka.

Bupati Demak HM Natsir mengatakan wabah Corona menimbulkan dampak di sektor ekonomi. Banyak pelaku usaha terkena imbasnya. Bahkan ada beberapa yang kemudian berhenti.

“Untuk itu pemerintah kabupaten berupaya menggeliatkan kembali ekonomi warga, seperti penyaluran bantuan sosial, menyalurkan modal bagi pelaku UMKM dan pemberian pelatihan ekonomi produktif seperti ini,” kata bupati, ketika membuka pelatihan tersebut, di Gedung IPHI Jogoloyo.

Bupati berharap, pelatihan dan bantuan yang diberikan pada peserta nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga akan memberikan pendapatan serta penghasilan dan dapat membantu pemulihan ekonomi.

Ketua Baznas Kabupaten Demak, Bambang Soesetiarto menyampaikan, pelatihan yang diikuti 25 mustahik dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kecamatan se-Kabupaten Demak.

“Mereka menerima pelatihan seperti tata rias wajah, potong rambut dan tata boga.​ Setelah selesai, peserta ini juga menerima bantuan peralatan kerja dan uang,” kata Bambang.

Sutrisno, salah satu peserta mengaku senang bisa mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan, dan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Demak.

“Pelatihan ini sangat membantu saya. Saya disini dapat pelatihan potong rambut. Jadi setelah pelatihan saya bisa mencoba membuka usaha potong rambut, karena kami juga diberi bantuan uang dan peralatan untuk membuka usaha, usai pelatihan ini,” kata Trisno. (HS-08)

 

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.