in

Baznas Banyumas Gelar Bimtek Penyembelihan Unggas, Peserta Dibekali Pisau

Baznas Kabupaten Banyumas, bekerja sama dengan MUI Kabupaten Banyumas, menggelar bimtek penyembelihan unggas secara syariah Islam. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Sebanyak 50 pedagang ayam potong di eks Kota Administratif Purwokerto, Kabupaten Banyumas, mengikuti bimbingan teknik (bimtek) penyembelihan unggas secara syariah Islam.

Bimbingan teknis tersebut, dilaksanakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas, bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyumas.

Acara dihadiri Ketua MUI Banyumas, Drs KH Taefur Arofat M Pd I dengan narasumber Gus Ircham dari MUI Banyumas dan Darmawan sebagai juru sembelih halal Kabupaten Banyumas.

Wakil Ketua 4 Baznas Kabupaten Banyumas, Khasanatul Mufidah mengungkapkan bahwa bimbingan teknis ini, mengundang para pedagang ayam potong di eks Kota Administratif Purwokerto.

“Untuk tahap pertama, kami mencoba mengundang peserta dari eks Kota Administratif Purwokerto, sebanyak 50 orang. Jadi, pedagang potong ayam yang ada di pasar-pasar se wilayah itu, kami berikan pelatihan cara menyembelih hewan secara halal, baik, dan aman, terutama untuk dikonsumsi oleh warga muslim,” kata Khasanatul Mufidah, belum lama ini seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Para peserta juga diberi fasilitas berupa pisau sembelih, piagam keikutsertaan, dan banner tempat usaha.

“Adanya banner binaan Baznas dan MUI. Meskipun belum sertifikasi, tetapi secara teknis mereka sudah sesuai dengan syariat. Mudah-mudahan itu akan mendongkrak omset atau peningkatan usaha potong ayam di Kabupaten Banyumas terutama menarik konsumen dari yang muslim,” lanjutnya.

Melalui kegiatan ini, dia juga berharap ada peningkatan dari sisi teknis dan dari sisi kehalalan dan kebersihan produk lebih terjamin. Selain itu masyarakat muslim Kabupatan Banyumas, ketika mengonsumsi ayam menjadi lebih aman secara syar`i. (HS-08)

Share This

Aktif Bantu Penanganan Kebencanaan dan Covid-19, 4 Personel Polairud Dapat Penghargaan

Wakil Wali Kota Pekalongan Harapkan Ketua Baznas dari Ormas Islam