in

Bayi dan Balita Indonesia di Dortmund Dapatkan Paspor Pertama di Warung Konsuler

Petugas imigrasi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt, mengambil foto balita, yang orang tuanya mengajukan permohonan paspor, dalam pelayanan publik “Warung Konsuler” di kota Dortmund. (Foto : Kemlu.go.id)

 

HALO SEMARANG – Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt, menyelenggarakan pelayanan publik “Warung Konsuler” di kota Dortmund. Dalam kesempatan itu, warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Dortmund dan sekitarnya, bisa memperoleh layanan kekonsuleran dan keimigrasian, seperti paspor, surat keterangan pencatatan kelahiran, surat keterangan pencatatan perkawinan, legalisasi surat kuasa, dan lapor diri WNI di luar negeri.

Dalam kegiatan tersebut, ternyata tak hanya orang dewasa yang mendapatkan paspor. Ada 12 bayi dan balita, yang didaftarkan untuk mendapatkan paspor, 7 orang di antaranya membuat paspor Indonesia untuk kali pertama.

Orang tua dari salah seorang balita, seperti disampaikan Kemlu.go.id, mengatakan cukup terkendala untuk berkendara ke Frankfurt dengan anak kecil. Sehingga Warung Konsuler di Dortmund sangat memudahkan mereka.

Warung Konsuler kali ini telah memberikan 50 pelayanan konsuler kepada masyarakat Indonesia yang tinggal di kota Dortmund dan sekitarnya.

Ini kali pertama KJRI Frankfurt mengadakan Warung Konsuler di Kota Dortmund. Warung Konsuler adalah salah satu program pelayanan publik untuk menjangkau WNI yang berada di luar kota Frankfurt, sehingga dapat membantu WNI menghemat waktu dan biaya. Dortmund terletak di negara bagian North Rhine Westphalia, dan berjarak sekitar 250 km dari kota Frankfurt.

Wilayah Kerja KJRI Frankfurt mencakup enam negara bagian yang terletak  di sebelah selatan Jerman yaitu Hesse, Baden Württemberg, North Rhine Westphalia, Bavaria, Rhineland Palatinate dan Saarland. Jumlah WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt tercatat 14.305 orang. Ini merupakan jumlah terbesar di wilayah Eropa setelah Belanda dan Inggris. (HS-08)

Share This

Hebitren Menilai Jatim Siap Kembangkan Ekonomi Syariah

Dubes Austria Temui Ganjar, Bahas Kerja Sama Sekolah Vokasi dan UMKM