in

Bawaslu Kota Semarang Dorong KPU Data Pemilih Disabilitas dan Pindah di luar Negeri 

Suasana rapat kerja pengawasan Bawaslu Kota Semarang terkait Daftar Pemilih Berkelanjutan, Rabu (9/2/2022). (Dok. Bawaslu Kota Semarang).

HALO SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang meminta KPU mendata pemilih disabilitas dan yang telah pindah ke luar negeri.

Hal itu disampaikan Bawaslu saat menggelar Rapat Kerja Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan bersama instansi terkait, yaitu KPU kota Semarang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Nining Susanti, selaku Koordinator Divisi pengawasan dan Hubungan antar lembaga Bawaslu Kota Semarang menyampaikan, bahwa forum ini bertujuan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi data pemilih berkelanjutan antara pihak-pihak yang terkait.

“Selain itu kita juga mendorong agar KPU Kota Semarang juga berkoordinasi dengan dinas terkait untuk pemilih disabilitas dan pemilih Kota Semarang yang berada di luar negeri,” ujarnya, Kamis (10/2/2022).

Hal ini menurut Nining, penting dilaksanakan sebagai basis untuk pemetaan awal pemilih yang diperkirakan pindah memilih pada Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang.

“Selain itu kita juga mendorong berkirim surat kepada partai politik (Parpol) agar lebih aktif berkontribusi dalam penyusunam daftar pemilih berkelanjutan,” imbuhnya.

Pada kesempatan pertemuan kali ini, kata Nining, KPU Kota Semarang, Dispendukcapil dan Dinas Kesehatan juga bersepakat untuk melakukan penyandingan data pada forum berikutnya.

“Khususnya terkait pemilih yang meninggal dunia, pindah domisili dan pemilih baru, hal ini dimaksudkan agar data pemilih berkelanjutan di Kota Semarang tersinkronisasi dengan baik dan berkualitas,” paparnya.

Ahmad Zaini, salah satu Anggota KPU Kota Semarang menanggapi positif masukan dari Bawaslu Kota Semarang. Menurutnya, KPU memang sudah merencanakan untuk lebih memaksimalkan koordinasi dengan berbagai stekholder termasuk turun langsung ke kecamatan dan beberapa kelurahan untuk mensosialisasikan data pemilih berkelanjutan kepada masyarakat.

Harapanya partisipasi masyarakat dalam penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) akan meningkat,”katanya. (HS-06)

Event Mega KOI Show dengan Hadiah Utama Mobil hingga Uang Jutaan Rupiah 

Pemkab Jepara Gelar Pelatihan bagi UMKM