Bawaslu Jawa Tengah Raih Predikat Informatif

Jajaran Bawaslu Jateng saat menerima penghargaan KIP Award 2020 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Kamis (17/12/2020).

 

HALO SEMARANG – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menerima anugerah penghargaan dari KIP Award 2020 yang digelar oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Setelah melalui proses penilaian 4 tahapan penilaian yang dimulai sejak September 2020 oleh KIP Jawa Tengah, Bawaslu Jawa Tengah meraih predikat Badan Vertikal dengan kategori informatif nomor satu.

Adapun 11 Bawaslu Kabupaten Kota di Jateng juga meraih predikat menuju informatif yang diumumkan pada ajang KIP Awards 2020, Rabu (16/12/2020).

Sertifikat dan Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Anggota KIP Jawa Tengah, Slamet Haryanto di Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (17/12/2020).

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah M Fajar Subhi AK Arief dan Anggota beserta jajaran sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah dalam kesempatan tersebut menyampaikan proses penilaian dari Komisi Informasi menjadi sebuah pelajaran penting bagi Bawaslu Jawa Tengah.

“Bukan karena piagam saja, tapi karena kami sebagai lembaga publik dituntut untuk memberikan jaminan keterbukaan sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku” kata Fajar.

Menurutnya demokrasi tak akan hidup tanpa adanya keterbukaan. Keterbukaan itu menurutnya adalah demokrasi itu sendiri.

“Mudah-mudahan ke depan hubungan antara KIP dengan Bawaslu Jawa Tengah terus terjalin dengan baik agar PPID Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Tengah semakin baik, dan dapat berkontribusi maksimal untuk publik,” ungkap Fajar.

Saat penyerahan Anugerah dan Penghargaan tersebut, Anggota KIP Jawa Tengah, Slamet Haryanto mengungkapkan, bahwa seluruh proses penilaian telah dilakukan secara objektif.

Bawaslu Jawa Tengah disandingkan dengan 22 Badan Vertikal lain. Ini artinya Bawaslu Jawa Tengah telah melalui kompetisi dengan lembaga yang lain.

Slamet mengatakan, bahwa tahapan penilaian sudah diinformasikan sejak awal. Semua badan publik dapat mengetahui nilai dari tahapan ke tahapan.

Bahkan pada saat tahapan uji publik KIP melibatkan pihak lain, untuk ikut menilai sehingga sudah dapat dipastikan objektivitas kompetisi ini.

Slamet juga menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten/Kota yang walaupun terbilang baru terbentuk PPID nya, namun telah menyamai bahkan melampaui badan sejenis di tingkat kabupaten kota.

“Saya berharap Bawaslu Kabupaten/Kota tidak merasa puas dengan hasil yang diraih saat ini, sehingga keterbukaan informasi publik di Bawaslu Kabupaten/Kota se Jawa tengah semakin baik,“ ungkap Slamet.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.