Bawaslu: IKP Kendal Masih Rawan Peringkat Atas Di Jateng

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020.

 

HALO KENDAL – Memasuki tahapan kampanye, Kabupaten Kendal masih masuk Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) peringkat atas di Jateng untuk Pilkada Sereentak 2020. Kerawanan tinggi ini didapat dalam update IKP September 2020.

Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kendal, Achmad Ghozali, dalam acara “Bawaslu Bicara” mengatakan, update terbaru pada September ini IKP Kendal masih sangat tinggi.

“Masuk peringkat atas di Jateng. Tepatnya ranking dua setelah Pemalang,” terangnya.

Menurutnya, IKP merupakan segala hal yang mengganggu atau menghambat proses Pilkada yang demokratis dan berkualitas, sebagai peta kerawanan.

“Kerawanan itu akan kami tandai, kami petakan. Lalu kami susun strategi pencegahan maupun pengawasan,” jelas Ghozali.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal, Odilia Amy Wardayani mengatakan, ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh pihaknya terhadap IKP yang tinggi tersebut.

“Kami akan rapatkan barisan Pengawas dari kabupaten sampai Panwaslu Kelurahan/Desa serta Pengawas TPS yang segera terbentuk. Kami dalami lagi untuk menyusun rencana strategis pengawasan dan pencegahan,” ungkapnya.

Bagi Bawaslu, sukses pengawasan di antara ukurannya yaitu efektivitas pencegahan. Bila kerawanan tinggi tersebut yang dikhawatirkan tidak terjadi, maka fungsi pencegahan Bawaslu efektif.

“Akan kami cegah seefektif mungkin. Juga akan menggandeng masyarakat turut membantu. Bersama rakyat kami mengawasi,” pungkas Odilia.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.