Bawaslu dan Satpol PP Tertibkan Ribuan Alat Peraga Kampanye di Kendal

Alat peraga kampanye yang diduga melanggar aturan ditertibkan oleh tim gabungan dari Bawaslu Kendal, Badan Keuangan Daerah, Satpol PP, Kepolisian dan jajaran Panwas Kecamatan secara serentak, Kamis (15/10/2020).

 

HALO KENDAL – Ribuan alat peraga kampanye yang diduga melanggar aturan ditertibkan oleh tim gabungan dari Bawaslu Kendal, Badan Keuangan Daerah, Satpol PP, Kepolisian dan jajaran Panwas Kecamatan secara serentak, Kamis (15/10/2020).

Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kendal, Firman Teguh Sudibyo mengatakan, penertiban ini dilaksanakan serentak oleh pihaknya, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa.

“Bentuk pelanggaran yang dilakukan peserta Pilkada Kendal rata-rata adalah cara pemasangan dan ukuran APK yang tidak sesuai dengan desain yang dilaporkan ke KPUD,” terangnya.

Sasarannya adalah ukuran APK yang dipasang di pohon dengan cara dipaku, atau dipasang di tempat fasilitas umum yang dibiayai oleh negara. Seperti di tiang listrik, tiang telepon, atau di tugu pembatas wilayah.

“Selain spanduk yang dipasang melintang jalan, baliho, spanduk, umbul-umbul maupun poster yang ukuran dan desainnya tidak sesuai yang dilaporkan ke KPUD kami tertibkan. Karena APK tersebut dianggap melanggar,” jelas Firman.

Menurutnya, ada seribu lebih APK paslon yang melanggar dengan berbagai jenis dan ukuran yang tidak sesuai dengan yang dilaporkan ke KPUD.

“Bahkan ada baliho yang terpasang di pertigaan lampu merah Kebonadem Brangsong yang diturunkan. Selain tidak sesuai aturan, pemasangan baliho tersebut, juga diduga belum bayar pajak,” imbuhnya.

Sebelumnya baik Bawaslu maupun Panwaslu sudah memberitahukan, jika di beberapa titik terdapat APK yang dipasang melanggar aturan, diberikan waktu 1 X 24 jam untuk menurunkan atau dipindah.

“Kemarin kami sudah beritahukan dan memberi batas waktu 1 x 24 jam tidak diturunkan atau dipindah, maka akan ditertibkan oleh satpol PP dan Bawaslu,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.