in

Bawaslu Buka Pendaftaran Sekolah Kader

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Anik Sholihatun.

 

HALO SEMARANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) 2021. Program ini untuk menumbuhkan kader-kader pengawas partisipatif agar demokrasi di Indonesia bisa semakin baik.

Masa pendaftaran SKPP dibuka mulai 24 hingga 28 Mei 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui link: https://skpp.bawaslu.go.id/registrasi.

“Di dalam link ini juga ada daftar daerah yang menyelenggarakan SKPP, syarat pendaftar dan ketentuan-ketentuan lain,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Anik Sholihatun seperti dalam rilis yang diterima halosemarang.id, Selasa (24/5/2021).

Tahun ini, katanya, SKPP diselenggarakan di 304 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Adapun untuk Jawa Tengah, SKPP tahun ini digelar untuk 18 kabupaten/kota, yakni Kudus, Demak, Batang, Jepara, Cilacap, Kendal, Sragen, Pati, Blora, Banyumas, Brebes, Kabupaten Magelang, Wonosobo, Purworejo, Klaten, Rembang, Kota Semarang dan Kota Surakarta.

Adapun syarat pendaftar SKPP adalah usia minimal 20 tahun maksimal 30 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat, diutamakan berpengalaman atau sedang menjadi pengurus organisasi atau komunitas, tidak pernah menjadi anggota atau pengurus Partai Politik.

“Selain itu belum pernah mengikuti SKPP secara luar jaringan, belum pernah menjadi penyelenggara Pemilu/pemilihan adhoc, serta belum pernah atau sedang menjadi staf di lingkungan penyelenggara Pemilu,” katanya.

Selain itu, juga ada syarat tidak pernah dan tidak sedang menjadi tim kampanye atau tim sukses pasangan calon tertentu, mendapatkan izin dari instansi untuk mengikuti program pendidikan sampai selesai (bagi yang bekerja), bersedia untuk mengikuti pendidikan sampai selesai, serta tidak pernah atau sedang terlibat dalam kasus hukum.

“Ketentuan lain sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkoba, afirmasi pendaftar bagi perempuan, disabilitas dan kelompok rentan,” paparnya.

Bawaslu akan melaksanakan seleksi kepada para pendaftar. Nantinya, SKPP akan dilaksanakan secara langsung atau luring. Hasil seleksi akan diumumkan lebih lanjut.

“Tahun ini, Bawaslu akan menyelenggarakan SKPP secara berurutan mulai dari tingkat dasar, menengah dan lanjut.

Sebelumnya, pada tahun-tahun lalu Bawaslu juga sudah menyelenggarakan SKPP, baik yang digelar secara luring maupun secara daring,” tandas Anik Anik Sholihatun.(HS)

40-an Lansia Sendangdawung Antusias Jalani Vaksinasi

Atas Saran Anggota KPK, Gubernur Gorontalo Belajar Soal Pengadaan Barang dan Jasa Kepada Ganjar