in

Bawaslu Batang Ingatkan 4 Kades Baceleg Tidak Curi Start Kampanye

Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang, Mahbrur menyebut ada empat kepala desa, yang mendaftarkan diri jadi Bakal calon legislatif (Bacaleg). Para kades itu diminta tidak mencuri start kampanye.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur, di kantornya, Kamis (8/6/2023).

“Dari pengawasan, kami baru menemukan empat kades yang mendaftar jadi Bacaleg. Saya ingatkan kades yang ‘nyaleg’ tidak mencuri start kampanye,” kata Mahbrur, seperti dirilis batangkab.go.id.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk saat ini, tahapan pemilu 2024 baru pada tahap verifikasi administrasi Bacaleg.

Adapun syarat kades bisa mendaftar Bacaleg, adalah menyerahkan surat pernyataan pengunduran diri sebagai kades, disertai tanda terima instansi yang bersangkutan.

Mahbrur menambahkan, para kades harus menyerahkan surat pemberhentian tetap saat penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT). Namun syarat itu harus sudah diserahkan pada 3 Oktober 2023.

“Jika tidak menyerahkan itu maka namanya akan dicoret dari DCT. Untuk penetapan DCT sekitar November 2023,” kata dia.

Jika lolos verifikasi administrasi, empat kades nyaleg itu akan bertarung di Dapil 2, 3 dan 4. Sembari menunggu penetapan caleg, pihaknya mengimbau agar para kades tidak berkampanye.

Ia mengakui bahwa, selama belum ada surat pemberhentian tetap, maka para kades masih menjabat. Hak dan kewajiban para kades masih melekat. (HS-08)

Berencana Perluas Lingkungan Pendopo Kasepuhan, Sesepuh Kadilangu Demak Minta Bupati Pindahkan SD

Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 2023 di Semarang Diperkirakan Mencapai 80 Ribu Ekor