Batik Widji Kendal, Kenalkan Kreasi Motif Dari Olahan Lumpur Sawah

Salah satu karya Batik Widji Kendal.

 

HALO KENDAL – Batik sudah menjadi warisan budaya Indonesia yang sudah diakui UNESCO.

Di Jawa Tengah baik kota maupun kabupaten sudah banyak yang memproduksi berbagai macam motif batik, baik batik tulis, maupun batik cap.
Di Kendal sendiri ada salah satu perajin batik, Batik Widji.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini sudah banyak memproduksi berbagai macam motif batik, terlebih bisa membuatkan batik sesuai dengan pesanan.

Pemilik produk Batik Widji Kendal, Widji Astutik mengungkapkan, saat ini selain memproduksi motif batik tulis dan cap, pihaknya juga membuat motif batik dengan pewarna lumpur sawah.

“Inovasi Batik Widji saat ini dengan menambah jenis batik olahan dari lumpur sawah, yang mana hasilnya terlihat lebih natural,” ujarnya Selasa (2020/10/2020).

Dikatakan, Batik Widji menawarkan harga yang terjangkau dan bervariasi, sesuai dengan permintaan bahan dan motif yang dinginkan oleh pembeli.

“Untuk harga terjangkau, mulai dari Rp 125 ribu hingga jutaan rupiah, sesuai dengan permintaan bahan dan motif yang dinginkan oleh para pembeli dan kebutuhannya,” terang Widji.

Dia pun mengaku, pada kondisi di tengah pandemi, usahanya tetap berjalan. Karena masih ada pesanan, baik dari instansi pemerintahan maupun dari masyarakat sekitar.

“Sesuai dengan peraturan pemerintah terkait dengan adanya virus Covid-19, kami ikut berpartisipasi memberikan edukasi kepada masyarakat yang hendak melihat atau membeli batik,” ungkapnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada instansi pemerintahan maupun dari masyarakat yang telah memberikan dukungan dengan membeli batik lokal di daerah sendiri, sehingga dirinya lebih bersemangat menjadi pelaku UMKM untuk terus maju dan berkarya.

“Monggo bagi yang kebetulan mampir di Kendal dan ingin membeli batik, bisa datang ke Jalan Sunan Abinawa Patebon, tepatnya di Dusun Karangturi RT.1 RW.4 Desa Lanji Patebon Kabupaten Kendal,” pungkas Widji.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.